2.300 paket daging kurban dibagikan di Masjid Agung Karawang

id Dkm masjid agung Karawang, Masjid agung Karawang, karawang, hewan kurban, idul adha

Penyembelihan hewan kurban di Masjid Agung Karawang, Jawa Barat. (FOTO ANTARA/Ali Khumaini)

Karawang (ANTARA) - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Agung Syech Quro Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyiapkan 2.300 lebih paket daging kurban untuk dibagikan kepada masyarakat pada Idul Adha 1440 Hijriah.

"Kami menyiapkan sekitar 2.300 kupon daging kurban," kata Ketua DKM Masjid Agung Syech Quro Karawang Acep Jamhuri, di Karawang, Minggu.

Ribuan kupon daging kurban tersebut telah disebar ke masyarakat Karawang, untuk selanjutnya ditukar dengan paket daging di komplek Masjid Agung Syech Quro Karawang.

Jumlah hewan kurban yang disembelih di Masjid Agung Karawang pada Idul Adha tahun ini sebanyak 29 ekor. Terdiri atas 19 ekor sapi dan 10 ekor domba.

"Penyembelihan hewan kurban dimulai sekitar 30 menit setelah shalat Idul Adha. Jadi daging kurban dibagikan ke masyarakat pada siang hari," katanya.

Acep Jamhuri yang juga menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang menyembelih sendiri hewan kurban jenis sapi sumbangan dari Pemkab Karawang.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memastikan seluruh hewan kurban yang disembelih di masjid-masjid sekitar Karawang kondisinya sehat dan layak untuk disembelih.

"Hewan-hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha telah diperiksa oleh tim pemeriksa kesehatan hewan dari Dinas Pertanian. Ada label sehatnya juga kan," kata dia.

Dinas Pertanian Karawang sendiri telah menyebar 297 petugas kesehatan hewan. Ratusan petugas itu melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha hingga penyembelihan.

Bahkan daging hewan kurban juga akan diperiksa tim kesehatan hewan itu sebelum dibagikan kepada masyarakat. 

Baca juga: Gubernur pastikan tidak ada penjualan hewan kurban di pinggir jalan

Baca juga: Penjualan hewan kurban di Cianjur mulai meningkat

Baca juga: Jabar sebar 1.900 hewan kurban


 

Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar