PKS gelar pameran kartun bertema "Merdekartun"

id pameran kartun, dpp pks,hari kemerdekaan

Salah satu kartun yang dipamerkan dalam Pameran Kartun bertema "Merdekartun" di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan. (Humas DPP PKS)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) menyambut peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 mengadakan pameran kartun yang bertema "Merdekartun" di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin.

Ketua Bidang Seni dan Budaya DPP PKS, Ridwan, dalam siaran pers DPP PKS yang diterima ANTARA di Jakarta, menuturkan pameran tersebut menampilkan berbagai kartun yang mengandung pesan-pesan yang membangun untuk Indonesia.

"Menyambut kemerdekaan RI tahun ini, kita memilih cara yang berbeda. Narasi pesan yang disampaikan sesuai dengan kondisi Indonesia sekarang. Pesan-pesannya bersifat satire tapi mudah-mudahan mengena. Jadi, menyampaikan aspirasi itu tidak melulu melalui verbal atau jargon-jargon kosong, bisa juga dengan cara-cara seperti ini," kata Ridwan.

Pameran akan berlangsung selama satu pekan hingga tanggal 17 Agustus. Kemudian akan dilanjutkan di kota-kota lain di Indonesia. "Pameran di Kantor DPP akan berlangsung sampai tanggal 17 Agustus. Setelah itu akan dilanjutkan di lima wilayah DKI Jakarta dan kota lainnya di Indonesia," katanya.

Ridwan berharap melalui pameran kartun ini, pengunjung akan semakin peduli dan mencintai bangsa Indonesia. "Melalui pesan-pesan satire ini, kita berharap akan menambah rasa memiliki bangsa serta menumbuhkan rasa tanggungjawab untuk memajukan dan merawat bangsa ini ke depan," katanya.

Hasil karya yang dipamerkan pada agenda Merdekartun ini merupakan hasil karya dari kartunis NasSirun PurwOkartun, Ipotsky, Om squ dan Seto Buje.

Selain itu, pada Jumat, 16 Agustus malam akan dilaksanakan Ngaji Budaya PKS dengan menampilkan narasumber para kartunis tersebut, kecuali Om squ.

Para kartunis akan berbagi cerita tentang proses kreatif sampai bagaimana menjadikan produk kartun yang mereka bikin disenangi masyarakat dan menghasilkan pendapatan. "Anak-anak muda yang suka kartun silakan datang. Acaranya gratis dan pasti seru," kata Ridwan.*

Baca juga: Dua Kartunis Pekanbaru pamerkan 102 karya satire Pemilu

Baca juga: Sindikat Kartunis Riau gelar pameran "retrospektrun"

Pewarta : Arief Mujayatno
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar