Peserta SMN dikenalkan sejarah LKBN Antara

id Pelajar mengenal antara,SMN 2019, siswa mengenal nusantara

Kepala Biro Antara Babel, Irwan Arfa (babel.antaranews.com/Ahmadi)

Pangkalpinang, Babel (ANTARA) - Sebanyak 23 pelajar yang mengikuti kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dikenalkan sekelumit sejarah Lembaga Kantor Berita Nasional Antara (LKBN Antara).

Kepala Biro Antara Babel Irwan Arfa di Pangkalpinang, Selasa, saat pembengkalan kepada peserta SMN menjelaskan bahwa LKBN Antara merupakan bagian dari perusahaan BUMN di bidang penyebaran informasi publik.

"Pada awalnya LKBN Antara sebagai kantor pemberitaan negara yang ditugaskan untuk menyebarluaskan informasi terkait dengan kemerdekaan," ujarnya.

Antara lembaga negara yang merupakan bagian dari alat perjuangan pada zaman kemerdekaan dan dalam perjalanannya melebur menjadi sebuah lembaga BUMN dengan status Perum LKBN Antara.

"Ini perlu saya sampaikan kepada para pelajar untuk bisa mengetahui LKBN Antara secara dekat, bahwa lembaga ini juga hadir untuk negeri memberikan kontribusi positif," ujarnya.

Ia mengatakan, LKBN Antara yang saat ini berusia 82 tahun sudah memberikan banyak manfaat bagi negeri dan anak bangsa.

"LKBN Antara sebagai perusahaan BUMN mampu menjalankan fungsinya sebagai lembaga penyebarluasan informasi dan menjadi penyeimbang antara pemerintah dan publik," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Irwan Arfa juga menjelaskan tentang produk LKBN Antara, di antaranya lebih fokus menyajikan informasi dalam bentuk berita teks/online, video, foto dan sejumlah produk lainnya.

"Perlu menjadi catatan bahwa LKBN Antara juga lembaga penyedia berita yang dibutuhkan dan dikutip sejumlah media lokal dan nasional. Antara bekerja sama dengan sejumlah kantor berita luar negeri, juga menjadi acuan berita untuk dikutip sejumlah media lokal dan nasional," ujarnya.
Baca juga: Peserta SMN 2019 di Yogyakarta dibekali ilmu jurnalistik

Pewarta : Ahmadi
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar