Saudara-saudara kita sampai saat ini belum menikmati listrik karena terkendala biaya pemasangan
Kupang (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) membantu penyambungan listrik gratis untuk 253 rumah warga di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang bersumber dari sumbangan para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kementerian tersebut.

Bantuan diserahkan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam kunjungannya ke Kelurahan Sonraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, NTT, Rabu.

"Catatan kami memang masih banyak saudara-saudara kita yang sampai saat ini belum menikmati listrik karena terkendala biaya pemasangan," kata Rida Mulyana kepada wartawan di Kelurahan Sonraen, Rabu.

Ia menjelaskan, pihaknya mendapat informasi bahwa masih banyak warga di berbagai daerah yang kesulitan membayar biaya penyambungan listrik baru dengan kisaran Rp1,5 juta-Rp2 juta.

Untuk itu, lanjutnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta seluruh ASN di lingkungan Kementerian ESDM untuk ikut membantu masyarakat di berbagai daerah.

"Jadi kami semua di Kementerian ESDM menyisihkan penghasilan untuk membantu penyambungan listrik warga dan terakhir terkumpul sekitar Rp1,8 miliar," katanya.

Bantuan ini, lanjutnya, tidak hanya untuk warga Kabupaten Kupang, namun juga daerah-daerah di NTT maupun hampir semua provinsi di Tanah Air.

Ia berharap, warga penerima bantuan dapat memanfaatkan listrik tersebut untuk menghidupkan perekonomiannya dengan dukungan listrik yang lebih memadai.

Dalam kunjungannya, Rida Mulyana bersama rombongan juga menyambangi sejumlah rumah warga dan menghidupkan meteran listrik yang sudah terpasang.

Turut hadir Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu, Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan E Widyo Sunaryo, dan Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero) Djoko R Abumanan.

Selain itu, General Manager PLN Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko, Kepala Dinas ESDM Provinsi NTT Jusuf Adoe beserta para pejabat unsur forkopimda daerah setempat.

Baca juga: PLN bantu 1.233 sambungan baru gratis untuk Mentawai
Baca juga: Pemerintah alokasikan Rp6 triliun sambung listrik gratis
Baca juga: Pemerintah siapkan 1,2 juta sambungan listrik gratis tahun ini

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019