Makassar (ANTARA) - Manajemen PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) memberangkatkan sebanyak 20 peserta Program BUMN Hadir untuk Negeri, Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Provinsi Papua Barat ke Mamuju, Sulawesi Barat.

"Sebanyak 20 siswa yang mengikuti Program BUMN Hadir untuk Negeri, Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan siswa-siswi berprestasi dari berbagai sekolah yang ada di Papua Barat," kata General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Manokwari, Suparman dalam keterangan persnya di Makassar, Rabu.

Siswa pilihan SMN itu dilepas keberangkatannya oleh General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Manokwari, Suparman bersama Gubernur Papua Barat yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Nico U Tike serta dihadiri oleh seluruh perwakilan BUMN yang ada di Provinsi Papua Barat pada Selasa malam.

Menurut Suparman, selama kurang lebih 10 hari siswa asal Papua Barat ini akan berada di Sulawesi Barat untuk saling bertukar pengalaman seperti adat istiadat, pariwisata dan lain sebagainya.

Peserta SMN selama keberadaannya di Sulbar selain lebih mengenal secara dekat adat istiadat, budaya dan pariwisata, juga akan diperkenalkan dengan budaya nusantara secara umum. Sementara siswa Sulnar yang ikut program SMN juga akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang sama.

Siswa asal Papua Barat sebelum diberangkatkan ke Sulbar, terlebih dahulu diserahkan kepada Kepala Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Perang (Fasharkan) TNI AL Manokwari, Letkol Laut (T) Purwoko Hadijantono untuk dibina dan diberi pembekalan tentang etika, disiplin, mental, fisik dan wawasan kebangsaan di Markas TNI AL Manokwari.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Papua Barat Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Nico U Tike mengatakan bahwa kegiatan yang digagas oleh Kementerian BUMN ini cukup positif.

“Kegiatan ini sangat baik. Karena membimbing anak-anak Papua Barat yang berprestasi. Mereka akan membanggakan Papua Barat, serta lebih mengenal lagi Nusantara,” kata Nico.

Menurut dia, lewat kegiatan SMN, dapat memacu anak-anak untuk berlomba-lomba mengejar prestasi. Kegiatan SMN ini bisa menjadi contoh bagi anak-anak di Papua Barat, agar kedepannya bisa membanggakan orangtua, bangsa dan negara.

Kegiatan SMN adalah program yang digagas Kementerian BUMN dan merupakan bagian dari “BUMN Hadir untuk Negeri” yang ditujukan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Keragaman kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Peserta kegiatan adalah Pelajar SMA/SMK/SLB kelas XI dari sejumlah kabupaten dan kota yang ada di provinsi tersebut (1 orang dari setiap kabupaten/kota). Untuk Provinsi yang mempunyai kurang dari 18 kabupaten/kota, jumlah peserta minimal 20 siswa yang mewakili seluruh kabupaten/kota.

Dari seluruh peserta yang dikirimkan, ditambah 3 orang yang merupakan siswa penyandang disabilitas dan bersekolah di SLB. Siswa dari seluruh provinsi akan dikirimkan ke daerah lain selama satu minggu, yakni pada minggu ketiga atau keempat bulan Agustus tahun 2019 agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi lain, melalui sistem seleksi berdasarkan kriteria (persyaratan) yang telah ditetapkan.

Peserta akan didampingi dari Dinas Pendidikan Provinsi yang ditunjuk (1 orang), Guru Teladan Tingkat Provinsi (2 orang) dan perwakilan BUMN PIC asal.

Di Manokwari, Papua Barat, Kementerian BUMN menunjuk PT Pelindo IV sebagai PIC dan dan PT Sucofindo (Persero) sebagai Co PIC untuk semua kegiatan “BUMN Hadir untuk Negeri” di wilayah tersebut.
Suasana prapemberangkatan Siswa Mengenai Nusantara (SMN) asal Papua Barat ke Sulawesi Barat, Selasa *13/8/2019) malam. ANTARA Foto/HO/HUmas Pelindo IV
Baca juga: Pelajar Papua Barat bersyukur bisa mengenal Sumut
Baca juga: Siswa SMN Papua Barat kunjungi kawasan industri
Baca juga: Perhutani dan Pelindo IV dampingi SMN Papua Barat di Makassar

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019