Kemenpar beri dukungan penuh penyelenggaraan ICC Midwest 2019

id Kementerian Pariwisata,Indonesia Cultural Caravan 2019,Penasehat Menteri Pariwisata Indroyono Soesilo

Penasehat Menteri Pariwisata Indroyono Soesilo (tengah) saat memberi keterangan pada konferensi pers terkait Indonesia Cultural Caravan Midwest 2019 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis. (A Rauf Andar Adipati)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI memberi dukungan penuh kepada penyelenggaraan Indonesia Cultural Caravan (ICC) Midwest 2019, yang akan berlangsung mulai 26 September sampai 12 Oktober di Midwest, AS.

"Selain endorsement, (Kementerian Pariwisata) juga menyiapkan berbagai sarana, termasuk video dan lain-lain untuk dibagikan ke kampus-kampus tempat mereka melaksanakan kegiatan budaya," kata penasehat kehormatan Menteri Pariwisata Indroyono Soesilo saat menghadiri konferensi pers yang juga melibatkan konsulat Jenderal Indonesia dengan menggunakan conference call di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis.

ICC Midwest 2019 merupakan kegiatan promosi Wonderful Indonesia yang dihelat oleh Perkumpulan Alumni Big Ten (sepuluh universitas papan atas AS) bekerja sama dengan Sekolah Raya Bogor (SBR).

Delegasi budaya ini berisi 27 anggota dan akan mengunjungi empat universitas di enam kota di Midwest, AS. Di setiap universitas yang dikunjunginya, mereka akan menampilkan kesenian gamelan Sunda dan Jawa serta tarian tradisional. Keempat universitas tersebut Northern Illinois University (Chicago), Wisconsin University (Madison), Purdue University (West Lafayette), Indiana University (Bloomington), Ohio State University (Columbus), dan University of Michigan (Ann Arbor).

Konsulat Jenderal Indonesia di Chicago, Rosmawati Chalid, mengatakan kegiatan ini juga dapat dimanfaatkan untuk memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-AS yang jatuh pada, sekaligus untuk meningkatkan "people to people contact" antar kedua negara.

Bagi Indonesia, AS adalah salah satu pasar potensial bagi pariwisata. Tahun ini Indonesia menargetkan dapat mendatangkan 18,5 juta wisatawan mancanegara. Khusus untuk AS, Kemenpar berharap dapat mendatangkan 560.000.

Baca juga: Delapan daerah ikuti "Wonderful Artchipelago Carnival Indonesia"

Baca juga: Festival Kampung Indonesia 2019 digelar di Swedia

Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar