KAI gratiskan KA lokal pada Hari Kemerdekaan

id KAI, KA lokal,KA Prameks,KA Batara Kresna

Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budianto (Foto: Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menggratiskan KA lokal pada Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada hari Sabtu (17/8).

"Untuk KA lokal yang kami gratiskan tiketnya yaitu KA Batara Kresna dan KA Prambanan Ekspres (Prameks)," kata Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budianto di Solo, Kamis.

Sebagaimana diketahui, KA Batara Kresna melayani rute Solo-Wonogiri. Sedangkan KA Prameks melayani rute Yogyakarta-Kutoarjo, Yogyakarta-Solo Balapan, dan Kutoarjo-Solo Balapan.

Ia mengatakan pembebasan biaya perjalanan tersebut hanya akan berlaku satu hari. Meski demikian, penggratisan tersebut harus mengikuti ketentuan dari KAI.

"Ketentuan tersebut di antaranya penumpang tetap memiliki tiket Rp0, dilayani secara 'goshow' di stasiun keberangkatan, dan keberangkatan pada tanggal tersebut tidak dapat melayani pemesanan," katanya.

Ia mengatakan bagi penumpang yang telah membeli tiket dengan tarif normal maka uang yang dibayarkan akan dikembalikan di stasiun kedatangan.

"Pengambilan bea tiket tersebut maksimal tiga hari sejak kedatangan KA. Syaratnya penumpang harus menunjukkan tiket ke petugas di stasiun," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, upaya tersebut bertujuan untuk memupuk kecintaan masyarakat pada kereta api.

"Dengan begitu mereka bisa menjadikan kereta api sebagai salah satu pilihan alat transportasi yang strategis," katanya.

Baca juga: Daop Surabaya siapkan tiket gratis sambut HUT RI, ini cara dapatkannya
Baca juga: KAI Daop Jember gratiskan KA Pandanwangi saat HUT RI

Pewarta : Aris Wasita
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar