Sosialisasi Empat Pilar harus diperkuat

id sidang tahunan mpr, zulkifli hasan,sidang mpr,pidato kenegaraan,nota keuangan rapbn

Presiden Joko Widodo (kelima kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kelima kanan) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (keempat kanan) didampingi Ibu Mufidah Jusuf Kalla (ketiga kanan) berfoto bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan (keempat kiri) dan nyonya, Ketua DPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) dan nyonya, Ketua DPD Oesman Sapta Odang (kedua kiri) dan nyonya, serta para Ketua MPR dan Ketua DPR dan nyonya, di tangga Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Presiden Joko Widodo akan mengikuti sidang tahunan dan menyampaikan pidato kenegaraan di hadapan para anggota DPR. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat 
 (MPR) Zulkifli Hasan menyampaikan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan harus dilanjutkan dengan lebih gencar meski sudah berhasil terimplementasi di masyarakat.

"MPR berpendapat perlu dijaga keberlanjutannya agar keterpaparan masyarakat semakin luas serta masyarakat terus meyakini nilai-nilai yang terkandung dalam Empat Pilar untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Zulkifli Hasan dalam Pidato Sidang MPR RI tahunan di Gedung DPR RI, Jumat.

Empat Pilar Kebangsaan tersebut, yaitu Pancasila, Undang- Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Keempatnya diharapkan tidak hanya dipahami, namun dapat dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia mengingat masyarakat terpapar nilai- nilai lain budaya luar.

Baca juga: Ketua MPR tutup Sidang Tahunan MPR RI dengan pantun
Baca juga: Ketua MPR ingatkan adanya ancaman de-ideologi Pancasila
Baca juga: Ketua MPR ajak pemimpin bangsa kedepankan sikap kenegarawanan


Ke depannya sosialisasi yang dilakukan atas kerjasama antara MPR dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) diharapkan semakin diperkuat sehingga pembudayaan Pancasila dapat terjadi di seluruh lapisan masyarakat.

Zulkifli juga berharap implementasi Empat Pilar Kebangsaan dapat dilakukan para penyelenggara negara dengan meneladani para pendiri bangsa yang mengutamakan pengabdian ketika memiliki kekuasaan.

Pada sidang MPR RI tersebut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo turut menyampaikan kinerja lembaga-lembaga negara dalam setahun terakhir.
 

Pewarta : Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar