DPD dukung politik luar negeri bebas aktif

id Oesman sapta odang, dpd ri, ketua dpd

Lambang DPD RI (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendukung politik luar negeri bebas aktif yang telah dijalankan pemerintah selama ini sebagai wujud kedaulatan politik.

"Kami akan selalu mendukung politik luar negeri bebas aktif yang dijalankan oleh pemerintah," kata Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang, di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikannya pada pidato pengantar sebagai Ketua DPD RI pada Sidang Bersama DPR dan DPD RI.

Sapta mengapresiasi keberhasilan Indonesia menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB tahun 2019- 2020.

Dengan posisi itu, kata dia, harus dapat menjadi alat dalam mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dalam hubungan internasional, kata dia, DPD dan DPR RI terus bersinergi melakukan komunikasi politik dengan parlemen sedunia.

Komunikasi-komunikasi politik tersebut dilakukan melalui forum- forum antarparlemen seperti ASEAN Inter-Parliamentary Organization (AIPO), Inter-Parliamentary Union (IPU), dan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA).

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Dewan Federasi Rusia yang telah memberikan kesempatan DPD RI untuk menyampaikan pidato di hadapan sidang paripurna-nya pada bulan Oktober 2018.

"Itu sebagaimana yang dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1956," kata Oesman.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar