Jakarta (ANTARA) - Kepala Desa Sanur Kaja, Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar Provinsi Bali I Made Sudana, mengapresiasi upaya Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, menyelenggarakan Sidang Tahunan, mendengarkan pidato presiden tentang laporan kinerja lembaga-lembaga negara.

“Kita menjadi tahu keberhasilan pembangunan apa saja yang sudah dicapai pemerintah. Dan rencana pembangunan apa lagi yang akan dilaksanakan oleh pemerintah pada masa yang akan datang," kata I Made Sudana, di tengah kesibukannya mengikuti acara Sidang Tahunan MPR 2019 di kompleks MPR DPR RI Senayan JakartaJumat (16/8).

Menurut Kepala Desa Juara II Lomba Desa Nasional Regional 2 Jawa Bali tahun 2019, Sidang Tahunan MPR memiliki makna yang sangat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali bagi para perangkat desa. Karena pidato yang disampaikan Kepala Negara berisi tentang laporan capaian kinerja yang sudah dan akan dilaksanakan.

Sebagai kepala Desa, kata Made rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah juga penting, untuk menjadi acuan perencanaan pembangunan tingkat desa. Seperti yang selama ini dia lakukan di Bali, pada periode tertentu bersama masyarakat adat setempat, Made mengaku melakukan rapat perencanaan pembangunan.

Salah satu acuan yang dipakai adalah rencana pembangunan yang akan dilakukan pemerintah.

“Bagi aparat Desa, rencana pembangunan itu sangat penting untuk kami sesuaikan dengan rencana pembangunan desa. Apalagi jika terkait masalah dana desa, dulu kami terima RP 600 juta, kini menjadi Rp 1 milyar, efeknya sangat besar. Karena itu bagi aparat desa pidato presiden seperti yang dilakukan di hadapan anggota MPR, pasti kami dengar dan perhatikan," kata Made.

Pernyataan serupa disampaikan Siti Nurjanah guru di SLB BC Wiyata Dharma 3 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Bagi ibu tiga anak, ini mendengarkan pidato presiden secara langsung di gedung Senayan memiliki makna yang sangat besar.
Siti Nurjanah

Siti mengaku bisa bertukar pengalaman dengan teman, keluarga dan saudara di daerah. Dan itu bisa menginspirasi teman-temannya untuk berusaha agar mendapat pengalaman serupa.

“Ini sangat menyenangkan. Tidak semua orang mendapat kesempatan seperti ini. Kami akan ceritakan semua pengalaman ini kepada semua orang. Karena mereka juga ingin mendengarnya", kata Nurjanah.

Pewarta: Jaka Sugiyanta
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019