Pembentukan SDM yang unggul untuk menjadikan Indonesia negara yang sejahtera dan maju merupakan gagasan baik, karena generasi muda merupakan tonggak utama negara
Bandarlampung (ANTARA) - Sejumlah generasi muda di Lampung menanggapi positif pidato kenegaraan menyambut HUT RI ke-74 Presiden Joko Widodo mengenai pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Bagi saya pembentukan sumber daya manusia yang unggul untuk menjadikan Indonesia negara yang sejahtera dan maju merupakan gagasan baik, karena generasi muda merupakan tonggak utama negara," kata Maulida juara II Muli (Putri) Lampung, saat ditemui di ruang sidang DPRD Provinsi Lampung, Jumat.

Ia menambahkan cara menjadi generasi muda yang unggul dapat dilakukan dengan menjadi generasi muda yang cerdas,berakhlak mulia, jujur dan mampu berkompetisi.

Menurutnya, dengan SDM yang unggul seluruh sektor di Indonesia akan berjalan dengan baik dan membentuk negara Indonesia yang maju dan sejahtera, karena kunci dari kemajuan suatu Bangsa adalah keunggulan yang dimiliki oleh generasi muda.

Tanggapan positif lainnya juga dikatakan oleh Joy salah seorang siswi sekolah menengah atas (SMA) di Kota Bandarlampung.

Menurutnya, dengan membentuk generasi muda yang unggul negara Indonesia tidak akan kalah dari negara lainnya, terlebih lagi Indonesia diberi karunia penduduk yang cukup banyak, di mana  hal tersebut dapat menjadi nilai tambah bagi Indonesia.

"Bagi saya untuk membentuk SDM yang unggul kita harus menjadi generasi muda yang unggul dalam etika, prestasi, dan memiliki semangat juang untuk mengharumkan nama Bangsa di kancah internasional melalui talenta-talenta yang dimiliki", ujarnya.

Selain itu menurut Fariza salah seorang siswi SMA lainnya di kemudian hari bila ada generasi muda yang pergi mencari ilmu keluar negeri sebaiknya memiliki kemauan untuk kembali membangun bangsa.

"Di Indonesia banyak sekali generasi muda yang pandai dan berkeinginan menempuh pendidikan keluar negeri, bagi saya itu adalah hal positif namun setelah menempuh pendidikan dan mendapatkan ilmu mereka harus kembali lagi ke Indonesia," katanya.

Tujuannya untuk membantu membangun dan memajukan bangsa seperti yang dikatakan oleh Presiden dalam pidato kenegaraan,yakni harus membangun bangsa Indonesia melalui SDM yang unggul.

Baca juga: Presiden berdayakan teknologi-SDM unggul lesatkan ekonomi

Baca juga: Mendikbud sebut fokus SDM unggul pada guru dan siswa


Baca juga: Anggota DPR ingin anggaran SDM unggul dapat meningkatkan etos kerja
 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019