Setelah diperkenalkan beberapa alat musik tradisional Papua dan diberikan kesempatan untuk memainkannya ternyata tidak harus menggunakan nada namun lebih banyak ketukan,
Jayapura (ANTARA) - Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 asal Sulawesi Selatan (Sulsel) diberikan pembelajaran mengenai cara memainkan beberapa alat musik tradisional khas Papua, di antaranya tifa, triton, fu, sakakas dan lain sebagainya.

Diva Aulia Zikia peserta SMN 2019 Sulsel asal SMAN 16 Makasar di Jayapura, Jumat, mengatakan Papua sangat kaya akan budaya termasuk dalam alat musik tradisionalnya.

"Setelah diperkenalkan beberapa alat musik tradisional Papua dan diberikan kesempatan untuk memainkannya ternyata tidak harus menggunakan nada namun lebih banyak ketukan," tambahnya.

Baca juga: Peserta SMN Sulsel harap kesenian tradisional Papua lestari

Menurut dia, tentunya ini menjadi pengalaman tersendiri karena dapat memainkan secara langsung alat musik tradisional khas Papua yang beragam bentuknya.

"Saya juga merasa bangga bisa mengetahui beberapa gerakan tari khas Papua yang selama ini hanya bisa dilihat saja di media elektronik seperti tayangan di TV-TV," ujarnya.

Dia menerangkan meskipun tidak ahli dalam menari maupun memainkan alat musik tradisional tersebut, namun dirinya sangat tertarik dan senang dapat mencobanya.

"Terima kasih SMN 2019 sehingga mengizinkan kami memperoleh pengalaman yang luar biasa di Papua," tambahnya.

Baca juga: SMN NTT saksikan praktik perawatan kecantikan pelajar SMKN 4 Jambi

Sekadar diketahui, Program SMN merupakan momentum pertukaran pelajar antarprovinsi yang difasilitasi oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

Tahun ini di Provinsi Papua, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) ditunjuk oleh Kementerian BUMN sebagai BUMN PIC (koordinator) program SMN dimana siswa-siswi peserta SMN dari Papua dikirim ke Makassar, Sulsel, dan sebaliknya peserta SMN Sulsel ke Jayapura, Provinsi Papua.

Kegiatan SMN 2019 akan berlangsung hingga 23 Agustus 2019, dimana untuk peserta SMN dari Sulsel berjumlah 27 orang.

Baca juga: Siswa Mengenal Nusantara asal Sulteng bangga naik Panser Anoa

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019