Warga pesisir Jakarta Utara gelar upacara kemerdekaan RI

id HUT RI,Upacara Peringatan Kemerdekaan,Cilincing,Jakarta Utara

Warga mengikuti upacara bendera memperingati hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di pesisir pantai Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (17/8/2019) (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Jakarta (ANTARA) - Ratusan warga pesisir pantai Jakarta Utara menggelar upacara bendera memperingati hari kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Upacara yang diikuti sedikitnya 100 orang ibu rumah tangga yang tergabung dalam Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Taruna, hingga Komunitas Jurnalis Cilik (KJC) berlangsung di Tanggul Manunggal VII RW 04 RT 06 Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu.

"Kami ingin membuktikan sebagai warga pesisir pantai, kita melaksanakannya di lokasi yang kita punya," kata Pelatih upacara yang juga warga setempat, Wawan Sumarwan yang ditemui usai upacara.

Dia menjelaskan, tahun ini memilih di tanggul karena dinilai sebagai objek yang menarik, yang tahun sebelumnya dilaksanakan di lapangan sepakbola.

Pada tahun ini, dia mengaku melatih pasukan upacara yang terdiri dari pembina upacara, pemimpin upacara, pengibar bendera merah putih, pembaca teks Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, hingga pembaca teks Pancasila hanya membutuhkan waktu dua hari.

Baca juga: PDIP selenggarakan upacara peringatan HUT Ke-74 RI di Jakarta

Baca juga: Pencari suaka tonton peringatan HUT ke-74 RI lewat ponsel

Baca juga: Prabowo jadi inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI

"Ya cuma empat kali pertemuan saja melakukan latihan ini," ujar Prajurit Korps Marinir TNI AL berpangkat Kopral Kepala itu.

Dia mengaku terkendala dalam mengumpulkan warga untuk pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

"Karena hampir setiap harinya mereka juga melaut dan anak-anak juga belajar di sekolah ya," kata dia.

Sementara itu pasukan pengibar bendera merasa bangga dan tertantang terlibat upacara yang berlangsung khidmat itu.

"Senang dan bangga sebagai warga pesisir menggelar upacara," kata lulusan SMK Tanjung Priok 2, Yustari.

Dia menjelaskan keikutsertaannya sebagai bentuk menenamkan jiwa kebangsaan, patriotis, dan cinta NKRI bagi warga sekitar yang terlibat.


Pewarta : Mochammad Risyal Hidayat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar