Ngawi, Jawa Timur (ANTARA) - Pebalap sepeda Angus Lyons dari tim Oliver's Real Food (Australia) menjadi juara pada etape pertama Tour d'Indonesia yang finis di alun-alun Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Senin.

Pada etape pertama yang mengambil start dari area Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Lyons mencatat waktu 3 jam, 55 menit, 58 detik usai memenangi sprint dengan Roth Ryan X-Speed United (Hong Kong) dan Vogt Mario dari Team Sapura Cycling (Malaysia).

Ketiga pebalap mencapai finis nyaris bersamaan sehingga mencatat waktu sama.

Baca juga: PersiapanTour d'Indonesia matang, 18 tim siap berpacu

Sementara itu, Muhamad Abdurahman dari KFC Cycling Team (Indonesia), yang menempati posisi keenam di kategori umum, menjadi pebalap Indonesia pertama yang menyentuh garis finis.

Abdurahman mencatat waktu 3 jam, 57 menit, 54 detik. Pebalap Indonesia kedua tercepat adalah Aiman Cahyadi dari PGN Road Cycling Team (Indonesia) 3.58.48, dan tempat ketiga Slamet Juangga (KFC) 3.58.48.

Baca juga: Timnas di Tour d'Indonesia bukan tim yang disiapkan ke SEA Games 2019

Abdurahman juga menjadi pebalap terbaik kedua untuk kategori Asia, di belakang Goh Choon Hwat yang mencatat waktu 3 jam, 55,59 detik. Tempat ketiga diduduki Yamamoto Genki dari Kinan Cycling Team (Jepang) dengan catatan waktu 3 jam 57,57 detik.

Baca juga: Ariya siap pertahankan gelar, meski 2019 lebih kompetitif

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019