Gorontalo (ANTARA) -
Sukses menjalankan tugasnya mengibarkan bendera Merah Putih pada peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Kemerdekaan,  Pemerintah Provinsi Gorontalo menghadiahi anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo liburan ke Jakarta.

Pasukan pengibar bendera ini melaksanakan tugas dua kali dengan baik dan lancar, yakni pada pagi saat peringatan detik-detik Proklamasi dan penurunan bendera sore harinya.

“Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyampaikan apresiasi penghargaan yang besar kepada Paskibraka, yang berhasil melaksanakan tugasnya mengibarkan Sang Saka Merah Putih dalam peringatan Proklamasi di halaman rumah jabatan Sabtu kemarin,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo, Senin.

Anggota Paskibraka yang berjumlah 32 siswa itu berasal dari kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo, yang dipilih dengan seleksi yang ketat selama satu bulan karantina.

Siswa terbaik yang menduduki posisi penting dalam Paskibraka Provinsi Gorontalo tahun 2019 di antaranya pembawa baki pada pagi hari Cikal Hasan SMA Negeri 3 Gorontalo, pembawa baki pada sore hari Karlinda Tamani dari SMA Negeri 3 Gorontalo

Pembentang bendera Mohumamad Adriyanto Langago dari SMA Negeri 3 Gorontalo, penggerek Zulkipli Umar dari SMA Negeri 1 Tapa serta komandan kelompok delapan Hikmal Abrar Sangkilang MAN 1 Kota Gorontalo.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga Paskibraka dapat bertugas dengan baik, kepada para pelatih, pembina dari Polri, TNI AL, AD, dan AU,” kata Penanggungjawab Paskibraka, Ramlah Habibie.

Para anggota Paskibraka Provinsi Gorontalo akan mengikuti kegiatan di Jakarta, berupa kunjungan ke museum nasional dan tempat bersejarah dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Perjalanan mengunjungi museum dan tempat bersejarah selain sebagai salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo kepada Paskibraka tahun 2019, juga untuk menguatkan rasa nasionalisme.**

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019