Tinjau KEK pariwisata, Menpar kunjungi Riau

id Kunker Menpar ke Riau,Menpar Arief Yahya,pariwisata riau

Menteri Pariwisata Arief Yahya (tengah), Gubernur Riau Syamsuar dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus, berfoto bersama siswa-siswa saat mengunjungi daerah rencana KEK Pariwisata di Pekanbaru, Selasa (20/8/2019). (FOTO ANTARA/HO-Dispar Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Menteri Pariwisata Arief Yahya meninjau sejumlah rencana Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Provinsi Riau, sekaligus untuk membuka acara festival Pacu Jalur.

Menpar tiba di Pekanbaru, Selasa, pukul 07.35 WIB. Kedatangannya disambut langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar, Penjabat Sekda Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Riau Fahmizal Usman, Wali Kota Pekanbaru Firdaus, dan pejabat lainnya

"Saya lihat Riau sudah semakin serius untuk mengembangkan sektor pariwisatanya, karena itu kita harus temukan kekuatan atraksi yang bisa mendatangkan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Riau," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman menjelaskan, Menpar akan berkunjung ke empat kabupaten/kota di Riau.

"Menpar bersama Gubernur Riau Pak Syamsuar akan melakukan kunjungan kerja ke Kota Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai dan Kabupaten Kuantan Singingi," kata Fahmizal.

Kunjungan Menpar diawali dengan meninjau rencana KEK di daerah Palas Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru dan wisata alam Danau Bandar Khayangan.

Setelah itu, Menpar langsung mengunjungi Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis menggunakan helikopter. Di Pulau Rupat, rombongan Menpar meninjau rencana KEK di Desa Cinggam.

“Dijadwalkan Menpar akan melakukan pertemuan langsung dengan Bupati Bengkalis dan masyarakat di Pantai Rupat Utara,” katanya.

Selanjutnya, Menpar Arief menuju ke Kota Dumai untuk meninjau Pelabuhan Bandar Sri Junjungan, Pelabuhan Pelindo I dan Bandar Bakau serta memberikan dukungan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Setelah itu, rombongan Menpar melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Agenda Menpar di Kuansing adalah menggelar pertemuan di Kantor Bupati Kuansing bersama Bupati Kuansing dan audiensi dengan komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi).

Menpar dijadwalkan menginap satu malam di Kota Taluk Kuantan, dan pada hari Rabu (21/8) pagi Menpar berserta Gubernur Riau menuju prosesi acara “Maelo Jalur” di Pulau Bungin Darat. Selanjutnya, membuka kegiatan Festival Pacu Jalur penyerahan trophy Menpar ke Bupati Kuansing di Lapangan Limuno.

Pada pukul 11.45 WIB Menpar dijadwalkan kembali ke Bandara SSK II Pekanbaru, kemudian melanjutkan penerbangan ke Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga: Delapan kawasan hutan Riau potensial untuk destinasi pariwisata

Baca juga: Riau angkat Hermawan Kartajaya jadi penasehat khusus pariwisata

Baca juga: Pekanbaru kemas "Potang Belimau" jadi wisata religi


Pewarta : FB Anggoro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar