10 bandara AP I segera terakreditasi Dewan Bandara Internasional

id Airport Council International,Bandara AP I,Akreditasi bandara,Angkasa pura i

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam temu media ACI Customer Experience Global Summit di Jakarta, Selasa (20/8/2019). ANTARA/Juwita Trisna Rahayu

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 10 bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) akan segera diakreditasi Dewan Bandara Internasional (ACI) untuk memastikan keberlanjutan pelayanan kepada penumpang.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam temu media ACI Customer Experience Global Summit di Jakarta, Selasa, mengatakan ke-10 bandara tersebut adalah I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Sultan Hasanuddin Makassar, Sepinggan Balikpapan, Ahmad Yani Semarang, Adi Soemarmo Solo, Lombok Praya, Pattimura Ambon, Sam Ratulangie Manado, dan El Tari Kupang.

“10 bandara ini akan dilakukan akreditasi untuk perbaikan layanan yang konsisten Angkasa Pura agar bisa berstandar global dan bisa disandingkan dengan bandara lain di dunia,” katanya.

Untuk itu, Faik mengatakan pihaknya sejak beberapa tahun lalu mengembangkan bandara seperti revitalisasi secara bertahap untuk mendapatkan akreditasi.

“Ini adalah upaya yang kita lakukan, kita tidak sibuk meningkatkan kapasitas tetapi juga diimbangi kualitas, kompetensi SDM untuk mengejar level of service tingkat dunia,” katanya.

Terhitung sepanjang 2017, terdapat 79 juta penumpang di 14 Bandara AP I, sementara itu pada 2023 ditargetkan kapasitas bisa menampung 130 juta penumpang.

Direktur Komersial dan Pelayanan AP I Devi Suradji mengatakan akreditasi ini dinilai dengan melakukan survei kepada penumpang.

“Akreditasi ini berbeda dengan award, yang penting itu ketika mereka melangkahkan kaki serta pulang dari bandara meninggalkan pengalaman yang baik. Bukan hanya karena cantiknya bandara tapi customer experience,” katanya.

Program akreditasi pengalaman pelanggan bandara (airport customer experience accreditation) merupakan program untuk mengukur kedewasaan bandara dalam hal manajemen pengalaman pelanggan dan kualitas layanan.

Program tersebut akan membantu bandara untuk membuat strategi untuk memahami penumpang, pengukuran, peningkatan operasional, tata kelola, budaya bandara, inovasi dan rancangan layanan dan kolaborasi komunitas bandara.

Penilaiannya akan dilakukan oleh ACI, yang memiliki tugas dalam memastikan kualitas keselamatan, keamanan dan pelayanan kepada pelanggan dan membantu dalam memberikan kerja sama teknis kepada seluruh bandara anggota.

Baca juga: Penumpang turun 19 persen, AP I bukukan laba Rp870 miliar
Baca juga: AP I bangun hotel bintang tiga di Bandara Internasional Yogyakarta

Baca juga: Kemenhub imbau seluruh bandara tingkatkan keamanan


Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar