Dewan eksekutif IMF rekomensidasi hapus batas umur direktur pelaksana

id dewan IMF,pelaksana IMF,Kristalina Georgieva

Christine Lagarde, direktur pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) waktu itu, kanan, berbicara dengan Kristalina Georgieva, kepala eksekutif Kelompok Bank Dunia, kiri, selama diskusi panel pada pembukaan Munich Security Conference in Munich, Jerman, pada Jumat, 15 Februari 2019. Foto Bloomberg/Alex Kraus

Washington (ANTARA) - Dewan eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) merekomendasikan pada Rabu (21/8/2019) bahwa dewan gubernur IMF memilih untuk menghapus batasan usia untuk direktur pelaksana.

"Sejak 1951, Anggaran Rumah Tangga IMF telah melarang pengangkatan seorang kandidat yang berusia 65 atau lebih sebagai Direktur Pelaksana, dan juga telah melarang Direktur Pelaksana untuk menjabat melewati ulang tahunnya yang ke-70," kata sebuah pernyataan dewan eksekutif IMF yang beranggotakan 24 orang.

"Menghilangkan batas usia akan membuat ketentuan penunjukan Direktur Pelaksana sejalan dengan persyaratan anggota Dewan Eksekutif IMF, yang diketuai Direktur Pelaksana, dan Presiden Kelompok Bank Dunia, yang tidak tunduk pada batas usia," kata dewan eksekutif.

Dewan gubernur IMF dijadwalkan akan memberikan suara pada proposal itu mulai 21 Agustus hingga 4 September. Mayoritas sederhana dari pemilih diberikan untuk mengadopsi proposal, dengan persyaratan partisipasi minimum dari mayoritas gubernur yang memegang dua pertiga dari total suara, menurut IMF.

Dewan eksekutif IMF telah memulai proses pemilihan direktur pelaksana berikutnya, setelah Christine Lagarde mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi teratas IMF yang berlaku mulai 12 September.

Para analis mengatakan penghapusan batas usia direktur pelaksana IMF bisa membuka jalan bagi Kristalina Georgieva, kandidat Eropa untuk jabatan IMF, untuk menggantikan Lagarde.

Georgieva, yang berusia 66 tahun, telah menjadi kepala eksekutif (CEO) Bank Dunia sejak Januari 2017 dan saat ini sedang cuti menyusul pencalonannya sebagai kandidat direktur pelaksana IMF berikutnya.

"Mengikuti konsultasi, saya telah menyetujui permintaan Kristalina untuk cuti selama periode pencalonan. Selama waktu ini, dia sementara akan melepaskan tanggung jawabnya sebagai CEO Bank Dunia," kata Presiden Kelompok Bank Dunia David Malpass dalam sebuah pernyataan bulan sebelumnya.

Posisi kepala IMF selalu dipegang oleh orang Eropa sementara kepala Bank Dunia secara tradisional adalah orang Amerika, suatu pengaturan informal yang telah bertahan selama lebih dari tujuh dekade.

Baca juga: Dewan Eksekutif IMF peringatkan risiko jangka menengah pada ekonomi AS
Baca juga: Dewan eksekutif IMF mulai proses seleksi pemimpin baru
Baca juga: Para Menteri Keuangan Dunia Sepakati Perubahan Historis IMF

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar