Kedatangan LRT Jabodebek dirancang setiap tiga menit

id LRT,LRT Jabodebek

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Jakarta (ANTARA) - Waktu kedatangan (headway) kereta ringan LRT Jabodebek dirancang setiap tiga menit ketika sudah beroperasi secara komersial, sehingga waktu tempuh bisa 15-20 menit.

“Nanti sistem ini didesain ‘headway’-nya tiga menit,” kata Direktur Utama PT Adhi Karya Budi Harto selaku kontraktor proyek LRT Jabodebek dalam peninjauan di Stasiun LRT Cibubur, Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan pada Oktober mendatang akan dilakukan uji coba dengan masinis di mana sistem LRT dirancang tanpa masinis ketika beroperasi nanti.

Baca juga: Rini pastikan LRT Cawang-Cibubur beroperasi komersil akhir Oktober

Pada saat uji coba, waktu kedatangan pun masih berjarak cenderung lebih panjang antara 30 menit hingga satu jam.

“Bisa setengah jam, bisa satu jam (headway) karena masih uji coba,” katanya.

Dia menambahkan uji coba dengan penumpang bisa dilakukan apabila telah terbit sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Total empat rangkaian, di mana setiap setiap rangkaian terdiri dari enam kereta, akan didatangkan dari PT Inka pada September dan Oktober mendatang.

Karena itu, Ia berharap fase Cawang-Cibubur bisa selesai pada Oktober ini.

“Rel sudah, listrik sudah, tinggal kita menyelesaikan stasiunnya saja,” katanya.

Kendala yang dihadapi, kata dia, yakni pengerjaan yang dilakukan hanya malam hari, tidak bisa siang hari.

Baca juga: Komentar warga soal LRT Jakarta yang belum beroperasi

Ia juga mengaku belajar dari pengoperasian LRT Palembang. “Kami belajar pengalaman dengan di Palembang yang kurang di sana kami perbaiki di sini,” katanya.

Secara keseluruhan, LRT Jabodebek ditargetkan selesai pada Agustus 2020. “Selesai Agustus 2020 semuanya. Kemudian untuk commissioning kira kira lima bulan,” katanya.

LRT Jabodebek tahap 1 terdiri atas tiga lintas layanan yaitu, Lintas Cawang-Cibubur dan Lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas dan Lintas Cawang-Bekasi Timur.

Untuk pekerjaan stasiun, ada beberapa titik stasiun untuk LRT Jabodebek, antara lain Stasiun Harjamukti, Stasiun Ciracas, Stasiun TMII, Stasiun Cikunir, Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Cawang, Stasiun Kuningan hingga Stasiun Dukuh atas.

Saat ini, pembangunan stasiun LRT sudah memasuki tahap pemasangan atap dan penyelesaian beberapa ruang dalam stasiun. Di akhir lintas pelayanan I di Stasiun Cibubur, dibangun pula temporary pitstop yang digunakan sebagai tempat parkir kereta yang direncanakan tiba tahun ini.


Pewarta : Juwita Trisna Rahayu
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar