AS undang pilot Boeing 737 MAX seluruh dunia untuk uji simulator

id FAA, Boeing 737 MAX

Sejumlah pesawat Boeing 737 MAX 8 milik Southwest Airlines diparkir di Bandara Victorville di Victorville, California, AS, 26/3/2019. March 26, 2019. ANTARA/REUTERS/Mike Blake /File Photo/TM

Washington (ANTARA) - Badan pengatur penerbangan sipil Amerika Serikat (FAA), Kamis (22/8), mengatakan akan mengundang pilot Boeing 737 MAX dari seluruh dunia untuk mengikuti uji simulator sebagai bagian dari proses sertifikasi ulang pesawat setelah dua kecelakaan maut terjadi.

Sebelumnya, Reuters melaporkan bahwa FAA meminta tiga maskapai AS yang mengoperasikan MAX agar mengutus sejumlah pilot yang hanya menerbangkan pesawat 737 selama sekitar setahun, termasuk setidaknya satu penerbangan MAX.

Dalam pernyataan, FAA tidak menentukan jumlah jam pengalaman terbang yang disyaratkan, namun mengatakan para peserta akan berasal dari kalangan pilot, yang jadwal terbangnya ditentukan, serta harus berpengalaman mengendalikan MAX.

MAX, pesawat Boeing berbadan ramping terbaru 737, dikandangkan di seluruh dunia pada Maret menyusul kecelakaan nahas yang terjadi dalam lima bulan di Indonesia dan Ethiopia hingga menewaskan 346 orang.

Baca juga: Akhirnya Amerika Serikat larang terbang semua Boeing 737 Max 8 dan 9

Boeing memperbarui perangkat lunak sistem antimacet di pusat kedua kecelakaan tersebut. Pembaruan itu harus disetujui FAA sebelum pesawat kembali diizinkan terbang secara komersial.

FAA belum menentukan jadwal pasti bagi penyelenggaraan uji simulator tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Boeing 737 MAX tak mungkin mulai kembali angkut penumpang hingga 2020

Baca juga: Maskapai Arab Saudi batal beli 30 Boeing 737 Max

 

Kemenhub larang terbang pesawat Boeing 737 Max 8


Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar