BPBD Lebak optimalkan distribusi air bersih

id lebak

Petugas BPBD Kabupaten Lebak distribusikan air bersih kepada masyarakat yang dilanda kekeringan akibat kemarau panjang. ANATARA/Mansyur Suryana

Lebak (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengoptimalkan pendistribusian air bersih sehubungan kekeringan terjadi di 16 kecamatan.

"Kami mengerahkan tiga kendaraan tangki untuk memasok bantuan air bersih pada masyarakat yang dilanda krisis air bersih itu," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Kaprawi saat dihubungi di Lebak, Minggu.

Masyarakat yang dilanda kekeringan terjadi di 16 kecamatan akibat kemarau panjang yang menyebabkan air bawah tanah mengering.
Baca juga: Sejumlah situ di Lebak kekeringan

Mereka masyarakat untuk keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) terpaksa mencari air ke saluran sungai, menggali lubang di sekitar aliran sungau, kolam dan sumber mata air yang ada.

Meski demikian, kata dia, kondisi air tersebut tidak laik untuk digunakan MCK.

Karena itu, BPBD mengoptimalkan pendistribusian air bersih bagi warga yang dilanda kekeringan akibat kemarau panjang.

"Kami hari ini sudah menyalurkan air bersih ke enam kecamatan hingga ratusan liter," katanya menjelaskan.
Baca juga: Debit Sungai di Lebak menurun drastis

Menurut dia, masyarakat yang mendapatkan pasokan air bersih karena sebelumnya mengajukan permohonan yang ditujukan kepada Bupati Lebak Iti Octavia.

BPBD mendistribusikan air bersih itu setelah ada perintah bupati karena menggunakan dana pemerintah daerah.

"Kami minta masyarakat mengajukan air bersih harus prosedur dan diajukan kepada bupati karena menggunakan dana rakyat yang harus dipertanggungjawabkan," katanya menjelaskan.
Baca juga: 2.760 hektare sawah di Lebak kekeringan, khawatir gagal panen meluas

Kaprawi mengatakan masyarakat yang mengalami kekeringan di 16 kecamatan itu antara lain Kecamatan Maja, Curugbitung, Kalanganyar, Cipanas, Bayah, Cibadak, Cimarga, Leuwidamar, Cirinten, Banjarsari, Warunggunung, Bojongmanik, Malingping, Wanasalam, Cihara dan Cilograng.

Kekeringan ini, kata dia, masyarakat setempat kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih juga tanaman padi terancam gagal panen.

"Kami siap menyalurkan pasokan air bersih untuk masyarakat setelah adanya pengajuan dari kecamatan," katanya menjelaskan.
Baca juga: Ribuan hektare sawah di Lebak kekeringan

Cegah sawah mengering, Petani lakukan pompanisasi


Pewarta : Mansyur suryana
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar