Jamaah haji kloter 10 asal Sulbar tiba di Makassar

id Klote 10 asal Sulbar, Debarkasi Makassar, Asrama Haji Sudiang, Makassar

Suasana penerimaan Jamaah Haji Kloter 10 asal Provinsi Sulbar di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Minggu (25/08/2019). ANTARA Foto/Suriani Mappong

Makassar (ANTARA) - Sebanyak 455 jamaah haji asal Sulawesi Barat yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 10 debarkasi Makassar tiba dengan sambutan meriah dari pejabat lingkup Sulbar pada Minggu.

Hal itu dikemukakan Panitia Bagian Informasi PPIH Debarkasi Haji Makassar Mawardy Siradj di Makassar, Minggu.

"Penyambutan Kloter 10 UPG ini banjir pejabat, berbeda dengan penerimaan jamaah haji kloter sebelumnya yang berasal dari Maluku dan Maluku Utara, karena faktor jarak," katanya.

Banyaknya pejabat yang menyambut langsung warganya yang sudah menunaikan ibadah haji itu, karena jarak tempuh Sulsel dan Sulbar sekitar 10 - 12 jam lewat darat itu, masih memungkinkan dijangkau dengan harga ekonomis, dibandingkan yang beda pulau.

Kloter 10 ini juga merupakan Kloter Pertama yang mengangkut 455 jemaah haji termasuk petugas kloter asal Provinsi Sulbar ini terdiri dari 155 orang dari Mamuju Utara, 45 Orang dari Polewali Mandar dan 250 orang dari Kabupaten Majene.

Setibanya di Aula Arafah yang menjadi tempat penerimaan secara resmi Jemaah Haji yang baru tiba dari Tanah Suci di Asrama Haji Sudiang Makassar, langsung diterima secara resmi oleh pihak PPIH Embarkasi Debarkasi Haji Makassar yang diwakili oleh Kepala Bidang Penzawa Kanwil Kemenag Prov Sulsel H Rappe.

Dalam sambutannya Rappe memberikan apresiasi pada pejabat Pemprov Sulbar yang dinilai sangat memperhatikan warganya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Prov Sulbar HM Idris, DP mewakili gubernur Sulsel menyampaikan terima kasihnya pada petugas haji yang senantiasa mendampingi warga Sulbar dalam menunaikan rukun Islam kelima itu.

"Kami juga turut bangga, karena Kloter 10 asal Sulbar ini memperoleh penghargaan sebagai Kloter terbaik dari Pengelola Maktab di Arab Saudi", ucap Sekda yang langsung disambut applaus oleh seluruh jamaah haji.

Kepada jamaah haji Sulbar, ia berpesan untuk menjaga perilakunya, karena salah satu ciri haji yang mabrur adalah menjadi warga dan masyarakat yang baik serta teladan, baik dari segi ibadah maupun sisi sosialnya.

Selain Sekda Propinsi Sulbar yang hadir pada penerimaan kloter 10 ini, juga dihadiri semua pejabat teras dari tiga kabupaten diantaranya Kakanwil Kemenag Prov Sulbar H Muflih, Bupati Majene H Fahmi Massiara, Kabag Kesra dan Kakankemenag Kab Majene, Mamuju Utara dan Polman.

Baca juga: 120 haji asal Belitung tiba di daerah asal
Baca juga: Jamaah haji Bangka Belitung tiba di Palembang
Baca juga: 339 haji kloter 9 Lampung tiba di asrama haji

Pewarta : Suriani Mappong
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar