Trump, Abe beda pendapat soal peluncuran rudal Korut

id Peluncuran rudal, Korut,Donald Trump

Arsip Foto. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menyaksikan peluncuran rudal Hwasong-12 dalam foto tidak bertanggal yang disiarkan oleh Pusat Kantor Berita Korea Utara (KCNA), Sabtu (16/9/2017). ANTARA/KCNA via REUTERS/aa (ANTARA/KCNA via REUTERS)

Biarritz, Prancis (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbeda pandangan soal serentetan peluncuran rudal jarak dekat Korea Utara pada Minggu, seraya mempertahankan bahwa mereka tetap sejalan dalam isu tersebut.

Trump, yang menghargai hubungannya dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menuturkan peluncuran tersebut tidak melanggar kesepakatan dan banyak negara yang juga melakukan hal itu.

Ditanya apakah dirinya khawatir dengan peluncuran rudal Korut, Trump menjawab: "Saya tidak senang dengan itu, namun sekali lagi, ia tidak melanggar kesepakatan."

Sementara itu, Abe berpendapat bahwa peluncuran rudal Korut melanggar resolusi PBB.

Penembakkan rudal balistik jarak dekat oleh Korut pada Sabtu merupakan yang ketujuh sejak pertemuan Trump dan Kim di perbatasan antar-Korea pada Juni.

Peluncuran tersebut memperumit upaya untuk memulai kembali pembicaraan antara perunding AS dan Korut atas masa depan senjata nuklir dan program rudal balistik Pyongyang.

Sumber: Reuters

Baca juga: Korut lagi-lagi luncurkan rudal balistik
Baca juga: Rusia sesalkan uji coba peluncuran rudal Amerika Serikat
Baca juga: Trump: Peluncuran rudal Korut baru-baru ini tidak langgar kepercayaan

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar