Perayaan HUT Kemerdekaan RI jadi "Hari Indonesia" di Philadelphia

id HUT Kemerdekaan RI,Hari Indonesia,Philadelphia,AS,Indonesia AS

Acara pengibaran Bendera Merah Putih di Balai Kota Philadelphia, Pennsylvania, AS yang dihadiri sekitar 150 WNI dan diaspora Indonesia pada Jumat (23/8/2019). (KBRI Washington DC)

Jakarta (ANTARA) - Perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Philadelphia yang diselenggarakan pada Jumat (23/8) dinobatkan sebagai "Hari Indonesia" di kota Negara Bagian Pennsylvania, AS, menurut keterangan pers Kedutaan Besar RI di Washington DC, Senin.

Wali Kota Philadelphia James F. Kenney mendeklarasikan 23 Juni sebagai "Hari Indonesia" dalam acara pengibaran Bendera Merah Putih di Balai Kota Philadelphia yang dihadiri sekitar 150 WNI dan diaspora Indonesia.

Selain dihadiri wali kota, Gubernur Pennsylvania Tom Wolf juga memberikan ucapan selamat hari kemerdekaan kepada komunitas WNI di Philadelphia yang berjumlah sekitar 6 ribu orang, melalui surat resmi yang dibacakan dalam acara tersebut.

"Saya ucapkan selamat kepada komunitas Indonesia atas perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia. Masyarakat Indonesia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Pennsylvania," tulis Wolf.

Pengakuan pemerintah Pennsylvania dan Philadelphia terhadap komunitas WNI diapresiasi Duta Besar RI untuk AS Mahendra Siregar yang hadir dan memberikan sambutan dalam upacara bendera itu.
Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Mahendra Siregar memberikan sambutan pada acara pengibaran Bendera Merah Putih di Balai Kota Philadelphia, Pennsylvania, AS yang dihadiri sekitar 150 WNI dan diaspora Indonesia, Jumat (23/8/2019). (KBRI Washington DC)

"Pengakuan ini adalah hal yang sangat positif dan membanggakan. Pernyataan-pernyataan tersebut menegaskan kembali sebuah fakta penting dalam sejarah hubungan Indonesia dan AS, bahwa rakyat AS secara penuh dan konsisten selalu mendukung kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejak masa perjuangan kemerdekaan dulu," kata dia.

Acara pengibaran Bendera Merah Putih di Balai Kota Philadelphia untuk memperingati HUT Kemerdekaan ke-74 RI menjadi istimewa karena kota itu merupakan tempat Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat pada tanggal 4 Juli 1776.

Prosesi pengibaran yang sedianya dilangsungkan di depan halaman balai kota, akhirnya terlaksana di dalam ruangan dikarenakan hujan.

Meskipun demikian, para WNI dan diaspora Indonesia yang hadir tetap terlihat semangat dan antusias mengikuti jalannya kegiatan yang dilaksanakan dengan khidmat.

"Mau di mana pun tetap sama. Melihat Merah Putih berkibar di sini merupakan sebuah kebanggaan yang terus membuat saya cinta Indonesia," ujar Sinta Storms, seorang WNI pegiat seni dan budaya Indonesia, yang menjadi koordinator acara tersebut.

Perayaan Hari Kemerdekaan ke-74 RI di Philadelphia juga dimeriahkan dengan penampilan tari Kembang Girang dari Bali yang dibawakan Cherilynn Chow, putri dari salah satu diaspora Indonesia di Philadelphia.

Baca juga: Round up - Pesan-pesan di Hari Kemerdekaan
Baca juga: Upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di Norwegia di dalam ruangan
Baca juga: HUT Kemerdekaan di perbatasan persembahkan tarian nusantara


 

Pewarta : Azizah Fitriyanti
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar