Ada laporan kunjungan wisman naik terus hingga Agustus, meski belum sesuai harapan
Medan (ANTARA) - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatera Utara (Sumut) meningkat di mana pada semester I 2019 sudah tumbuh 12,18 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. 

"Ada laporan kunjungan wisman naik terus hingga Agustus, meski belum sesuai harapan, " ujar Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Sholahuddin di Medan, Senin.

Pada semester I 2019, jumlah wisman Sumut sebanyak 122.300 dari periode sama 2018 yang masih 103.044 wisatawan.

"Meski naik, namun diperkirakan tidak terlalu tinggi karena banyak faktor seperti perekonomian global yang terganggu, " katanya.

Dia menjelaskan, pesona wisata Danau Toba yang sedang dalam pembenahan pemerintah belum berdampak positif secara langsung pada 2019.

"Perlu dorongan terus agar jumlah wisman naik signifikan, "ujarnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Syech Suhaimi menyebutkan, berdasarkan data, peningkatan wisman masih didorong kenaikan kunjungan dari negara - negara di ASEAN.

Malaysia, kata dia, masih menjadi penyumbang wisman terbesar atau sebanyak 55.813 orang di semester I. Kemudian disusul Singapura yang sebanyak 7.577 wisatawan.

" Meski kedatangan dari kedua negara di semester I menurun, tetapi kedua negera tetap menjadi pemasok terbesar wisatawan ke Sumut, " ujar Syech.

Baca juga: Wisman di Bandara Sisingamangaraja XII naik 203,18 persen

Baca juga: Jumlah wisatawan India ke Sumut terus naik

Baca juga: Sumut optimistis kunjungan satu juta wisman tercapai

 

Pewarta: Evalisa Siregar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019