Ini kita sudah mulai dioperasikan cuma kita sistemnya masih uji coba. Jadi kami uji coba tiap kapal itu dikeluarkan surat izin uji coba dari Kantor Syahbandar, jadi masih sistem uji coba
Kendari (ANTARA) - General Manager PT Pelindo IV (Persero) cabang Kendari, Debby Duakaju mengatakan, saat ini dermaga Kendari New Port (KNP) atau pelabuhan baru sedang menggunakan sistem izin operasional uji coba.

"Ini kita sudah mulai dioperasikan cuma kita sistemnya masih uji coba. Jadi kami uji coba tiap kapal itu dikeluarkan surat izin uji coba dari Kantor Syahbandar, jadi masih sistem uji coba," kata Debby, di Kendari, Rabu.

Debby menjelaskan, pengoperasian di KNP tersebut sudah mulai sejak Mei 2019, dan izin operasionalnya masih dalam tahap proses pengurusan.

"Ini kita operasikan mulai awal bulan Mei lalu, dan izin oprasinya masih proses, itu kan ada keterkaitan dengan pihak ketiga dari stakeholder dari kementerian perhubungan, jadi kita tunggu dulu dari sana untuk pengurusan," kata Debby.
Rantusan Kontainer di dermaga Kendari New Port (KNP) PT Pelindo IV (Persero) cabang Kendari (ANTARA/Harianto)

Debby mengatakan, kapal yang melakukan bongkar muat di pelabuhan tersebut adalah kontainer yang berisi sejumlah komoditas dan terbanyak berasal dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

"Kapal-kapal yang jauh itu dari Surabaya. Yang ada di dalamnya itu adalah rata-rata sebagian besar sembako, ada juga bahan-bahan bangunan seperti semen, besi tapi rata-rata sebagian besar sembako," jelasnya.

Debby mengungkapkan, KNP mendukung rencana sistem pengapalan langsung ke luar negeri melalui pelabuhan di Kendari, sekaligus mempersiapkan pelabuhan bertaraf internasional di Kendari.

Baca juga: Pelindo Kendari tingkatkan pelayanan penumpang di pelabuhan

Baca juga: Pelabuhan Kendari Newport ditargetkan beroperasi 2019

Baca juga: Pemkot percepat pembangunan jalan menuju "Kendari Newport"

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019