Mahasiswa diajak kawal mutu hasil perikanan

id mutu perikanan,Badan Karantina Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan,kementerian kelautan dan perikanan

Mahasiswa diajak kawal mutu hasil perikanan

Kepala Badan Karantina, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP Rina (kedua kanan). ANTARA/M Razi Rahman

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajak mahasiswa untuk ikut berperan aktif dalam mengawal mutu dan keamanan hasil perikanan serta ikut menjaga kelestarian ekosistem kelautan dan kawasan perairan nasional.

"Bersama kita pasti bisa melaksanakannya, terus berpikir positif, peduli, jujur, dan selalu semangat," kata Kepala Badan Karantina, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) KKP Rina dalam rilis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Rina mengemukakan hal tersebut saat menjadi pembicara dalam Kuliah Umum di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (27/8), bertajuk "Dukungan BKIPM Dalam Pembangunan Sektor Kelautan dan Perikanan".

Ia memaparkan bahwa sejumlah tugas pokok BKIPM dalam mengawal mutu dan hasil perikanan Indonesia.

"BKIPM bertanggung jawab menyusun kebijakan teknis, rencana, dan program. Selain itu juga melaksanakan, memantau, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan karantina ikan. Juga melakukan upaya pengawasan agar terwujudnya pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan," jelas Rina.

Sebagaimana diwartakan, KKP bersama Marine Stewardship Council (MSC) bersinergi dalam pembangunan kelautan dan perikanan Indonesia, termasuk dalam memperluas pemasaran hasil perikanan Indonesia.

Baca juga: KKP-MSC sinergi perluas pemasaran hasil perikanan Indonesia

 

Pewarta : M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar