Pasar saham Australia melonjak pada hari terakhir pelaporan perusahaan

id saham Australia,S&P/ASX 200,All Ordinaries

Ilustrasi bursa saham Australia. (antaranews.com)

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia melonjak pada awal perdagangan Jumat pagi, didukung perkembangan positif dalam perdagangan internasional, dan hari terakhir pelaporan kinerja keuangan perusahaan domestik.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 42,40 poin atau 0,65 persen menjadi diperdagangkan di 6.549,80 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 47,10 poin atau 0,71 persen pada 6.652,80 poin.

Musim pelaporan kinerja keuangan perusahaan Australia berakhir pada hari ini, setelah memberikan beberapa hasil yang tidak terduga.

"Saham-saham jangka pendek telah mengutamakan musim pelaporan ini, secara teratur membuat langkah besar di kedua arah karena hasilnya mengkonfirmasi atau membantah pandangan penjual-penjual jangka pendek," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Hari ini, "pembuat kapal Austal menyenangkan investor dengan hasil laba sekitar 10 persen di depan perkiraan, (dan) posisi jual jangka pendek sembilan persen di saham Harvey Norman berarti laporannya akan mendapat perhatian khusus."

Sementara itu, indeks Aussie sebagian besar melonjak karena perkembangan dalam perdagangan internasional yang menunjukkan berkurangnya ketegangan antara AS dan China.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia terangkat dengan Commonwealth Bank naik 0,50 persen, ANZ naik 0,95 persen, National Australia Bank naik 0,59 persen dan Westpac Bank naik 0,76 persen.

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih tinggi dengan Fortescue Metals melonjak 3,65 persen, BHP naik 1,09 persen dan Rio Tinto naik 1,41 persen, namun penambang emas Newcrest turun 1,79 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas menguat dengan Oil Search naik 2,77 persen, Santos naik 1,99 persen, dan Woodside Petroleum naik 1,55 persen.

Supermarket terbesar Australia terangkat dengan Coles naik 1,18 persen dan Woolworths naik 1,26 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra melemah 0,27 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas kehilangan 1,67 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 1,10 persen.

Baca juga: Pasar saham Aussie berakhir naik dengan keuntungan meluas
Baca juga: Pasar saham Aussie terangkat lonjakan sektor teknologi

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar