Karena itu pengembangan empat prioritas destinasi wisata harus terus dipercepat."
Magelang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menggelar rapat kabinet terbatas membahas pengembangan empat destinasi wisata prioritas di Patio Main Joglo Plataran Borobudur Resort & Spa Magelang, Jateng, Jumat.

"Pagi ini kita rapat terbatas membahas percepatan pengembangan empat destinasi wisata prioritas," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi bersepeda di Candi Borobudur

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau Candi Borobudur

Baca juga: Fahri minta Presiden jelaskan tindakan penyelesaian di Papua

Baca juga: Presiden Jokowi perintahkan pelanggar hukum di Papua ditindak tegas


Hadir dalam ratas itu antara lain Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Seskab Pramono Anung, Menpar Arief Yahya, Wamenlu AM Fachir, Wamenkeu Mardiasmo, Menteri ATR Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kepala Negara menyebutkan sektor pariwisata bisa menjadi motor penggerak perekonomian dan pertumbuhan ekonomi baik di tingkat pusat maupun daerah.

"Karena itu pengembangan empat prioritas destinasi wisata harus terus dipercepat," katanya.

Ia juga menyebutkan percepatan pengembangan itu juga berkaitan dengan selesainya pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta pada 2020.

"Pembangunan BIY pada Maret 2020 kita harapkan telah selesai dan bisa digunakan secara penuh," katanya.

Menurut dia, pembangunan jalan akses dari Kulon Progo ke Candi Borobudur juga perlu dipercepat.

Sementara itu 4 destinasi prioritas adalah Dana Toba, Labuan Bajo, Mandalika dan kawasan Borobudur.

"Sudah ada masukan dari Gubernur Jateng dan Bupati Purworejo, ini akan kita putuskan setelah studi lapangan selesai, " katanya.

Menurut dia, setelah masalah konektivitas selesai, masalah berikutnya yang harus diselesaikan adalah penetapan tata ruang dan manajemen.

"Rencana induk pengembangan kawasan ini harus diselesaikan dan ditetapkan, juga menetapkan tata ruang, zone, kita atur bersama dan kita kendalikan. Saya lihat progres di lapangan belum cepat, masih lambat," kata Jokowi.
 
Presiden Jokowi memimpin ratas membahas pengembangan empat destinasi wisata prioritas di Plataran Borobudur Resort &Spa Magelang, Jateng, Jumat. (Agus Salim)

Pewarta: Agus Salim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019