McMenemy bidik menang lawan Malaysia, demi modal penting Indonesia

id Timnas Indonesia, timnas garuda, kualifikasi piala dunia, indonesia vs malaysia,paxel,simon mcmenemy,kualifikasi piala dunia 2022

Pelatih Timnas Indonesia Simon Mc Menemy (tengah) bersama CEO Paxel Bryant Christanto (kiri) dan Deputi Sekjen PSSI Marshal Masita (kanan) memberikan keterangan terkait dengan logistik timnas di Garuda Cafe Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2019). ANTARA/Bayu Kuncahyo

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy membidik kemenangan melawan Malaysia dalam laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9).

Pasalnya, hasil positif lawan Malaysia bakal menjadi modal penting bagi Indonesia dalam turnamen yang juga berfungsi sebagai fase kualifikasi Piala Asia 2023 tersebut.

Baca juga: Timnas fokus perbaiki penyelesaian akhir jelang hadapi Malaysia

"Memang benar. Kemenangan atas Malaysia sangat penting bagi timnas. Kemenangan akan menjadi modal untuk menghadapi pertandingan-pertandingan berikutnya," kata McMenemy di sela peresmian kerja sama antara PSSI dengan startup logistik Paxel di Garuda Cafe SUGBK, Jakarta, Sabtu.

Selain Malaysia, Indonesia juga akan bertemu Uni Emirat Arab, Thailand dan Vietnam di Grup G. Delapan juara grup beserta empat peringkat kedua terbaik bakal lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia serta putaran final Piala Asia 2023.

McMenemy sejauh ini telah mengundang 23 pemain untuk persiapan menghadapi Malaysia di dua lokasi pelatnas yakni Stadion Pakansari Cibinong, Bogor dan Stadion Madya GBK Senayan, Jakarta. Timnas juga telah menjalani dua laga uji coba dengan mengalahkan Persika Karawang 4-0 dan menang 2-0 atas Bhayangkara FC.

Baca juga: Timnas Indonesia jalani dua laga uji coba sebelum hadapi Malaysia

Pelatih asal Skotlandia itu mengaku telah mempelajari pola permainan Malaysia dan dengan skuat yang ada ia optimistis mampu meraih hasil terbaik, demi menyuntik moral jelang menjamu Thailand empat hari berselang.

"Persiapan terus kami lakukan. Seperti harapan banyak orang, kita juga akan berusaha meraih hasil terbaik pada pertandingan nanti," kata mantan pelatih Timnas Filipina itu.

Simon mengaku saat ini pihaknya lebih leluasa dalam memilih pemain. Begitu juga dengan dukungan dari PSSI yang cukup maksimal. Kerja sama dengan Paxel juga banyak membawa kemudahan bagi timnas yang mempunyai logistik cukup banyak, mulai dari jersey hingga perangkat latihan.

"Kami tidak ingin terganggu dengan masalah itu (logistik). Saya punya pengalaman tak menyenangkan terkait logistik saat masih menjadi pelatih Filipina pada 2010. Karena seragam latihan kurang, saya terpaksa mengubah materi latihan," tutur McMenemy.

Baca juga: Simon McMenemy puas performa pemain di hari pertama TC timnas

Sementara itu, Deputi Sekjen PSSI Bidang Pengembangan Bisnis PSSI, Marshal Masita mengatakan kerja sama dengan Paxel merupakan kemajuan bagi PSSI atau mulai mengarah ke profesional terutama untuk logistik bagi timnas Indonesia.

"Buat PSSI, kerja sama ini menjadi indikator menuju profesional. Berpartner dengan perusahaan profesional seperti Paxel yang mempunyai kapasitas untuk itu (logistik). PSSI dulu tak punya gudang karena tak punya kapabilitas," katanya.

Baca juga: Persaingan Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 menarik

Pewarta : Bayu Kuncahyo
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar