Jakarta (ANTARA) - Menyiarkan langsung atau 'live' di sosial media menjadi kegiatan favorit warganet yang menyambangi gelaran Jakarta Muharam Festival yang dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Sabtu malam.

"Ini 'live' buat keluarga yang ada di rumah, jadi mereka bisa lihat langsung, dan jadi seperti laporan ke keluarga di rumah supaya mereka tidak khawatir," kata Lisa, seorang mahasiswi perguruan tinggi swasta di Jakarta Barat, yang baru saja 'live' di akun Instagram-nya.

Lisa yang datang bersama rekan-rekan sekampusnya mengatakan banyak gelaran Jakarta Muharam Festival ini menyediakan banyak spot fofo yang 'Instagramable.'

Meski demikian dia mengeluhkan akses internet yang naik turun selama gelaran Jakarta Muharam Festival.

Baca juga: Penampilan Kotak tutup Jakarta Muharram Festival

Baca juga: Anies Baswedan-Pasha Ungu duet nyanyi di Jakarta Muharram Festival

Baca juga: Selesai acara Jakarta Muharram Festival, Anies dihadang warga


Hal senada juga diutarakan Rini, siswi sekolah menengah pertama yang gagal 'live' selama gelaran itu. Dia menyayangkan jika kegiatan semeriah itu tidak didukung jaringan operator seluler khususnya layanan data.

"Kok jaringan selulernya tidak baik ya, padahal niatan saya datang untuk mendokumentasikan di media sosial," kata Rini yang khusus datang dari Tangerang untuk menikmati Jakarta Muharam Festival.

Rini berharap kegiatan-kegiatan serupa selanjutnya dapat lebih didukung para operator seluler dengan mengantisipasi lonjakan penggunaan jaringan data oleh masyarakat.

"Terpaksa saya hanya mengambil video saja, nanti balik ke rumah baru diunggah di sosial media," ujarnya.

Jakarta Muharram Festival akan dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Tausiah dari Ustadz Maulana menandai pembukaan acara.

Festival ini juga dimeriahkan oleh artis-artis Tanah Air seperti Kotak, Wali, Potret, Pasha, Opick, Koes Plus Junior, Wika Salim, Kanda Brothers, Jiung Band, Takaeda, dan Hijab Band.

Para artis ini akan mengisi Muharram Concert yang menjadi rangkaian dari Jakarta Muharram Festival 2019. Selain Muharram Concert, festival ini juga memiliki beragam acara, pertunjukan, dan penampilan. Mulai dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Muharram Concert, Piala Gubernur Pawai Obor yang diikuti 2.600 orang dan Fire Dance.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019