Menristekdikti minta ITS NU di Palangka Raya segera direalisasikan

id menristekdikti di palangka raya

Menristekdikti RI Mohamad Nasir (baju putih) saat meninjau bakal lokasi pendidikan ITS NU Kalimantan di Palangka Raya baru-baru ini. (ANTARA/Ho-PW NU Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Persiapan pembukaan Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sudah mencapai sekitar 90 persen sehingga pada 2020/2021 mendatang diperkirakan bisa melakukan penerimaan mahasiswa baru, kata Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Kalteng Wahyudie F Dirun. 

"Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir sudah datang berkunjung dan melihat secara langsung bakal lokasi kegiatan pendidikan dari ITS NU Kalimantan,"  kata Wahyudie F Dirun di Palangka Raya, Senin.

"Bahkan Menristekdikti meminta kepada kami, untuk segera menyerahkan berkas dan keperluan lainnya kepada beliau, agar bisa langsung ditindaklanjuti," katanya.

Baca juga: Program studi harus sesuai kebutuhan pasar, sebut Menristekdikti

Ia lebih lanjut mengatakan pihaknya sudah mulai membuka penerimaan tenaga pendidik yang nantinya akan bertugas di ITS NU Kalimantan. Pihaknya akan menerima tenaga pendidik yang berkompeten sesuai standar yang telah ditentukan, sehingga nantinya dapat menghasilkan lulusan terbaik dan berdaya saing.

Sementara itu Ketua Tim Kerja Pendirian ITS NU Kalimantan Dr Abdul Mukti menjelaskan, pendirian perguruan tinggi ini salah satunya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kalimantan, khususnya Kalteng pada bidang pendidikan.

"Terlebih di Kalteng maupun Kalimantan, warga Nahdliyin jumlahnya cukup banyak, jadi kami ingin menyediakan fasilitas pendidikan sebagai tujuan anak-anak mereka usai menyelesaikan tahapan SMA sederajat," jelasnya.

Adapun rencana program studi yang disediakan nantinya, meliputi teknologi informasi, teknik/rekayasa komputer, fisika, teknik rekayasa industri serta teknik lingkungan.

Mukti menyebut, pemilihan program studi yang lebih teknis sengaja menjadi pilihan agar lulusan dari ITS NU Kalimantan bisa memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan kategori lebih spesifik pada berbagai bidang di masa mendatang.

Rencananya, pada tahun pertama, para mahasiswa diwajibkan tinggal di asrama agar memiliki karakter dan kepribadian yang aswaja. Aswaja adalah golongan yang menjalankan sunnah dengan penekanan pada peneladanan kehidupan Rasulullah Muhammad SAW.

Sementara itu, bakal lokasi pendidikan ITS NU Kalimantan berada di km 3 Jalan RTA Milono, Palangka Raya. Luas lahan yang tersedia sekitar 1,5 hektare, melebihi standar persyaratan yang telah ditentukan.

Baca juga: Menristekdikti dorong perguruan tinggi miliki STP
 

Pewarta : Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar