Kapolres Jakarta Utara terima penghargaan dari Komnas PA

id Polres Metro Jakarta Utara, Komnas PA, anak dibuang ibunya, kriminal

Suasana apel pagi menjelang penyerahan penghargaan dari Komnas PA kepada Polres Metro Jakarta Utara atas kepeduliannya dan respon cepat dalam membantu pengobatan bayi yang dibuang ibunya, di Polres Metro Jakarta Utara, Selasa (3/9/2019). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Utara mendapat penghargaan dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) atas kepeduliannya membantu pengobatan bayi yang dibuang oleh ibunya di Penjagalan, Penjaringan akhir Juli lalu.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekjen Komnas PA, Danang Sasongko kepada Kombes Pol Budhi Herdi Susianto di Polres Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa.

Penyerahan penghargaan ini disaksikan langsung oleh seluruh jajaran Polres Metro Jakarta Utara dan para staf lainya.

Baca juga: Polres Jakarta Utara bongkar jaringan pemalsu plat nomor dinas
Baca juga: Polsek Metro Penjaringan periksa pelaku penusukan di Pluit Village


Kombes Pol Budhi Herdi Susianto mengatakan apresiasi yang diberikan oleh Polres Metro Jakarta Utara sebagai prestasi seluruh jajaran Polda Metro Jakarta Utara.

Prestasi ini lanjut dia, merupakan awal, belum akhir. Sehingga perlu terus dilakukan perbaikan kinerja khususnya dalam pelayanan perlindungan kepada anak.

"Ini prestasi kita semua, polres. Ini baru awal, belum akhir, artinYa kedepan lebih baik lagi khususnya perlindungan anak," ujarnya..

Bayi malang yang diketahui bernama Raka Febryanto diketahui sempat dibuang oleh ibunya di depan Jalan Y RT 14/RW 10, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Senin (29/7/2019).

Bayi tersebut ditinggalkan ibu kandungnya di depan sebuah rumah bernomor 53. Ibunya diketahui berinisial NR usia 35 tahun.

Diduga ibu tersebut nekad membuang bayinya diduga karena frustasi tidak mampu membiayai pengobatan anaknya yang mengalami susah buang air kecil.

Baca juga: Polres Jakarta Utara akan gelar operasi gabungan obat kedaluwarsa

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemeriksaan oleh pihak dokter kemudian memutuskan jika solusi untuk masalah susah buang air kecil sang bayi adalah dengan operasi sunat.

Polres Metro Jakarta Utara tergerak untuk membantu bayi laki-laki bernama Raka Febryanto lewat program "Polres Metro Jakarta Utara Peduli Sesama".

Operasi sunat itu dilakukan pada Kamis (1/8/2019) di Klinik Apotik Harapan Baik, Bandengan, oleh spesialis anak dr. Yamin.

"Allhamdulilah proses sunat berjalan lancar kurang lebih 10 menit di ruang operasi," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Budhi Herdi Susianto yang menyaksikan langsung operasi tersebut, Kamis (1/8/2019).

Budhi mengatakan usai operasi sang bayi sudah terlihat sehat dan segar, meski sempat menangis pasca sunat.

"Allhamdulilah ga nangis lagi, tadi sempat nangis dan itu wajar, ananda Raka kelihatan sehat dan segar," tuturnya.

Selama operasi berlangsung Raka turut ditemani oleh ayah dan bibinya. Kegiatan itu juga dihadiri oleh jajaran Polsek Metro Penjaringan dan Bhabinkamtibmas kelurahan Kapuk Muara.

Dalam kesempatan itu Budhi juga menyampaikan pesan agar ibunda sang bayi segera pulang ke rumah.

"Suaminya menunggu. Anak-anaknya juga menunggu di rumah, kakaknya yang pertama nanyain ibu mana. Biar ga ada masalah lagi," ujarnya.

Pada kesempatan itu Kombes Budhi juga memberikan bantuan berupa sembako kepada orang tua Raka.

Baca juga: KBNU Jakarta Utara berencana datangi KPK tanyakan laporannya
Baca juga: Kebakaran landa sebuah rumah tinggal di Jakarta Utara

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar