Saat ini 100 persen dari total Zona Musim di NTT masih berada dalam periode musim kemarau berdasarkan analisis hingga 31 Agustus 2019, sehingga diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan.
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewasdapai ancaman bencana kekeringan yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Saat ini 100 persen dari total Zona Musim di NTT masih berada dalam periode musim kemarau berdasarkan analisis hingga 31 Agustus 2019, sehingga diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan," kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Kupang, Apolinaris Geru kepada Antara di Kupang, Selasa.

Dia menambahkan, data hari tanpa hujan (HTH) hingga update 31 Agustus 2019, menunjukkan bahwa daerah di NTT pada umumnya mengalami deret hari kering lebih dari 60 hari.

Baca juga: Warga Kupang manfaatkan sisa air embung sirami tanaman sayuran

Baca juga: Tiga Kecamatan Kota Kupang dalam status awas kekeringan

 

BMKG : hari tanpa hujan paling ekstrem di NTB & NTT



Selain itu, prakiraan peluang curah hujan menunjukkan bahwa daerah Nusa Tenggara Timur diprakirakan akan mengalami curah hujan sangat rendah (kurang dari 20 mm/dasarian) dengan > 70 persen.

Kondisi ini menurut dia, telah memenuhi syarat untuk dikeluarkan peringatan dini.

Mengenai potensi dan dampak, dia mengatakan, kondisi ini akan berdampak pada sektor pertanian dengan sistem tadah hujan.

Selain berdampak pada pengurangan ketersediaan air tanah sehingga menyebabkan kelangkaan air bersih, dan meningkatnya potensi kemudahan terjadinya kebakaran. Karena itu, diperlukan kewaspadaan terkait ancaman bencana kekeringan, katanya.*

Baca juga: Kekeringan meteorologis terpanjang landa Sumba Timur

Baca juga: Kekeringan meteorologis terpanjang landa tiga kabupaten di NTT

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019