Mari kita kerahkan seluruh peralatan yang dimiliki untuk membersihkan puing-puing ,termasuk di rumah atau toko milik masyarakat yang juga menjadi korban
Jayapura (ANTARA) - Kementerian PUPR memperkirakan perbaikan 10 kantor pemerintah yang dibakar dan dirusak oleh pendemo di Jayapura, Papua, akan menghabiskan dana sebesar Rp 100 miliar.

Untuk sementara perbaikan 10 unit kantor milik pemerintah yang terbakar dan rusak menghabiskan dana sekitar Rp100 miliar dan akan didanai melalui APBN, kata Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono di Jayapura, Papua, Selasa.

Ia mengatakan pendataan tentang kerusakan bangunan sudah dilakukan dan akan dibahas dalam rapat terbatas di Jakarta yang dipimpin Presiden dan akan dikeluarkan peraturan presiden (perpres).

Dengan dikeluarkannya perpres maka perbaikan dan pembangunan bangunan yang rusak dapat segera dilaksanakan, kata Basuki.  Ia menambahkan untuk tahap awal yang harus dilakukan adalah membersihkan puing-puing sisa kebakaran.

"Mari kita kerahkan seluruh peralatan yang dimiliki untuk membersihkan puing-puing ,termasuk di rumah atau toko milik masyarakat yang juga menjadi korban," ajak Menteri PUPR.

Menteri PUPR dan rombongan seusai meninjau kantor yang dibakar dan dirusak oleh para pendemo langsung kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat komersil.

Aksi demo anarkis yang terjadi Kamis (28/8) sempat menyebabkan aktivitas Jayapura dan sekitarnya lumpuh akibat sejumlah bangunan termasuk warung milik warga ludes terbakar. Hingga saat ini warga yang rumahnya ludes terbakar masih mengungsi di Mako Lantamal X Jayapura.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019