New Zealand, Ceko buka peluang lolos babak kedua

id timnas basket selandia baru,timnas basket ceko,piala dunia fiba

Pebasket tim nasional Republik Ceko Tomas Satoransky (kanan) melepaskan tembakan di hadapan upaya hadangan pemain Jepang Joji Takeuchi (kedua kanan) dalam laga penyisihan Grup E Piala Dunia FIBA 2019 di Shanghai, China, Selasa (3/9/2019). (ANTARA/AFP/Hector Retamal)

Jakarta (ANTARA) - New Zealand dan Republik Ceko membuka peluang untuk lolos ke babak kedua Piala Dunia FIBA 2019 setelah memenangi lanjutan penyisihan grup masing-masing di China, Selasa.

New Zealand yang menghadapi Montenegro di Grup F berhasil membukukan kemenangan 93-83 di Nanjing, China, demikian catatan laman resmi FIBA.

Setelah ditundukkan Brasil dalam laga pertama dua hari lalu, New Zealand bermain agresif sejak lemparan mula dan mengungguli Montenegro 31-26 pada kuarter pertama.

Tim besutan Paul Henare itu sempat lengah pada kuarter ketiga membuat keunggulannya terpangkas hanya tersisa satu poin saja dalam kedudukan 65-66, namun 27 poin tambahan yang mereka kantongi pada kuarter pamungkas berhasil memastikan kemenangan.

Corey Webster memimpin kemenangan New Zealand lewat raihan 25 poin, enam rebound dan tujuh assist, diikuti 20 poin dan tujuh rebound milik Isaac Fotu, 11 poin Tai Webster serta masing-masing 10 poin dari Shea Ili dan Rob Loe.

Baca juga: Vucevic siap buat kejutan bersama Montenegro

Sedangkan Montenegro ditopang 18 poin dan tujuh assist Nikola Ivanovic, 15 poin dan sembilan rebound Nikola Vucevic, dwiganda 13 poin dan 12 rebound Marko Todorovic serta 13 poin Petar Popovic.

Sementara itu pada waktu bersamaan, di Shanghai, Ceko berhasil mengalahkan Jepang 89-76 di laga lanjutan Grup E berkat masing-masing 22 poin yang dicetak Blake Schilb dan Jaromir Bohacik ditambah kontribusi merata Tomas Satoransky berupa 17 poin, enam rebound dan tujuh assist.

Baca juga: Segrup dengan AS, Satoransky tak sabar buktikan kebolehan Ceko

Sebaliknya, Rui Hachimura tetap menyokong Jepang lewat raihan 21 poin dan enam rebound, dibantu 15 poin dan lima rebound Yuta Watanabe, dwiganda 12 poin dan 10 rebound Nick Fazekas serta 10 poin Makoto Hieijima.

Hasil-hasil itu membuat New Zealand dan Ceko di atas kertas berpeluang lebih besar untuk lolos. Namun, New Zealand mendapat tantangan berat berupa Yunani di laga pemungkas pada Kamis (5/9), demikian juga Ceko yang akan bertemu Turki.

Kendati kalah, Montenegro juga masih berpeluang untuk lolos jika bisa memenangi laga pamungkas melawan Brasil pada Kamis (5/9).

Sedangkan Jepang nasibnya akan ditentukan hasil laga Amerika Serikat kontra Turki yang masih berlangsung. Sebab jika Amerika Serikat menang, di atas kertas mereka tak punya peluang lolos.

Namun jika Turki menang, maka satu-satunya cara bagi mereka lolos adalah dengan mengalahkan Amerika di laga pemungkas, Kamis (5/9), dan di waktu bersamaan Ceko kalah dari Turki.

Baca juga: Joe Ingles hampir triganda saat Australia lewati Senegal

Baca juga: Rusia, Spanyol genapi enam tim pertama yang lolos ke babak kedua

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar