kami tidak lagi menyarankan Anda ditandai jika Anda tidak menyalakan pengenal wajah."
Jakarta (ANTARA) - Facebook kembali membuat pembaruan untuk keamanan privasi di aplikasi jejaring sosial mereka, yang terbaru mereka menghapus fitur "tag suggestion" untuk mengenali wajah teman secara otomatis di dalam foto atau video.

"Mulai hari ini, pengguna yang baru bergabung ke Facebook atau yang sebelumnya memiliki pengaturan 'tag suggestion' akan melihat pengaturan pengenal wajah (face recognition) dan mendapat informasi bagaimana cara kerjanya. Pengaturan 'tag suggestion', yang hanya mengatur apakah kami bisa menyarankan teman menandai Anda di foto atau video menggunakan pengenal wajah, tidak lagi tersedia," kata Kepala Riset Terapan Facebook AI, Srinivas Narayanan, dalam keterangan resmi di blog Facebook, dikutip Rabu.

Facebook mulai memberikan notifikasi ke pengguna mereka tentang "tag suggestion" di News Feed atau kabar Beranda, berisi penjelasan mengenai fitur baru dan cara mengaktifkan atau mematikan fitur.
Baca juga: Facebook akhirnya serahkan kendali data pada pengguna

Facebook tidak lagi secara otomatis menggunakan pengenal wajah di foto atau video, kecuali pengguna mengaktifkannya. Pengguna diberikan pilihan untuk mematikan atau menyalakan pengenal wajah, tidak otomatis seperti dulu.

"Pengguna masih bisa secara manual menandai teman, namun kami tidak lagi menyarankan Anda ditandai jika Anda tidak menyalakan pengenal wajah," kata Narayanan.

Facebook sejak Desember 2017 menggunakan face recognition di foto, pengguna akan secara otomatis disarankan untuk menandai (tag) teman-teman yang berada di dalam foto tersebut.
Baca juga: Facebook tak takut pengguna berkurang karena ketatnya kebijakan

Facebook juga menggunakan teknologi pengenal wajah untuk melindungi identitas penggunanya.

Facebook menjelaskan mereka tidak memberikan informasi terkait pengenalan wajah pengguna ke pihak mana pun, termasuk tidak menjual teknologi mereka.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019