Saat ini pemerintah sangat fokus mengembangkan angkutan massal.
Banjarmasin (ANTARA) - Pelajar di Kalimantan Selatan menanyakan tentang kapan Kementerian Perhubungan merealisasikan pembangunan kereta api di Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan.

Pertanyaan tersebut disampaikan perwakilan pelajar SMA dan SMK Banjarmasin yang mengikuti program Kemenhub Mengajar yang mengenalkan program sekolah pelayaran dan penerbangan di bawah Kementerian Perhubungan di Banjarmasin, Rabu.

Usai mengajar, Inspektur Investigasi Kemenhub Firdaus Komarno mengatakan saat ini pemerintah sangat fokus mengembangkan angkutan massal.

Pemerintah, tambah dia, telah memiliki desain besar pengembangan transportasi baik darat, laut udara, termasuk pengembangan kereta api, terutama di kota-kota besar.

"Termasuk di Kalimantan Selatan khususnya di Banjarmasin, tetapi secara detailnya belum bisa disampaikan," katanya.

Saat ini, tambah dia, pemerintah juga serius mengembangkan jalur kereta api di sebagian besar wilayah Indonesia.

Baca juga: Inka kembangkan trem bertenaga baterai

Khusus di Jawa, tambah dia, hampir seluruh wilayah terdapat jalur kereta api, sehingga tinggal peningkatan fasilitas, seperti pengembangan jalur ganda.

Di luar Jawa, kata dia, sedang dikembangkan di wilayah Sumatera, Sulawesi, dan yang baru saja dimulai adalah Papua.

Khusus wilayah Kalimantan, kata dia, juga dalam kajian, yang sebelumnya direncanakan kereta api angkutan barang bakal dikembangkan sebagai angkutan manusia.

Firdaus mengungkapkan, selain mengembangkan sektor transportasi, pihaknya juga sedang mempersiapkan sumber daya manusia perhubungan yang unggul.

"Seperti harapan Presiden Joko Widodo, tentang peningkatan SDM unggul, kami ingin menularkan berbagai informasi tentang perhubungan kepada para pelajar," katanya.

Melalui pengenalan singkat tersebut, para pelajar diharapkan bisa memahami transportasi dan perkembangannya, sehingga ke depan lebih tertarik untuk berperan dalam pembangunan transportasi.

"Memang waktunya singkat, tetapi paling tidak anak-anak akan memahami bagaimana pemerintah serius meningkatkan jalur transportasi, baik laut, udara, maupun darat, sehingga mereka memiliki wawasan," katanya.
Baca juga: Gubernur minta pembangunan kereta api dipercepat dukung ibu kota

 

Pewarta: Ulul Maskuriah/Latif Thohir
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019