Jakarta (ANTARA) - Republik Ceko kembali menciptakan kejutan dengan menjungkalkan Brasil 93-71 dalam laga putaran kedua Piala Dunia FIBA 2019 Grup K di Shenzhen, China, Sabtu.

Bukan saja hasil itu sukses menodai catatan sempurna Brasil, tetapi Ceko juga membuka peluang untuk melangkah ke babak perempat final karenanya, demikian catatan laman resmi FIBA.

Baca juga: Ceko rebut tiket terakhir Grup E menuju babak kedua

Jika berhasil melanjutkan rentetan kejutannya kala menghadapi Yunani di pertandingan terakhir putaran kedua, Senin (9/9), Ceko akan memastikan satu tempat ke perempat final.

Akurasi tembakan terbuka 56 persen menjadi penyokong utama kemenangan Ceko atas Brasil yang hanya mencapai 40 persen saja.

Selain itu, sektor rebound juga jadi salah satu penopang kemenangan Ceko lainnya. Mereka unggul dengan mengamankan 39 rebound berbanding 28 milik Brasil.

Tomas Satoransky menjadi bintang kemenangan Ceko dengan kembali memberikan kontribusi menyeluruh berupa 20 poin, tujuh rebound dan sembilan assist.

Tak hanya itu, ia juga memberikan bantuan pertahanan Ceko yang tampil sangat rapat melawan Brasil lewat tiga buah steal dan dua blok.

Kerja keras Satoransky mendapat bantuan berupa dwiganda 15 poin dan 11 rebound Ondrej Balvin, 14 poin Patrik Auda dan 12 poin Jaromir Bohacik.

Baca juga: Brasil bertekad jaga konsistensi di putaran kedua

Bagi Brasil, Vitor Benite jadi penumpul angka terbanyak lewat 12 poin, diikuti 11 poin dan enam assist Marcelinho Huertas sera 11 poin Leandinho Barbosa.

Brasil kini hanya bisa berharap mengalahkan juara bertahan dua edisi, Amerika Serikat, dalam laga pemungkas putaran kedua, Senin (9/9), jika masih ingin memiliki asa untuk lolos.

Baca juga: Australia di ambang perempat final, atasi Dominika 82-76

Baca juga:
Pelatih Spanyol berbangga bisa redam tembakan perimeter Italia

Baca juga: Argentina atasi Venezuela, giliran Gabriel Deck bersinar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019