Jakarta (ANTARA) - Kosovo untuk sementara memuncaki klasemen sementara Grup A kualifikasi Piala Eropa 2020, setelah menang 2-1 atas tamunya Republik Ceko dalam pertandingan yang digelar di Stadion Fadil Vokrri, Pristina, Sabtu.

Kedua gol kemenangan Kosovo dicetak oleh Vedat Muriqi dan Mergim Vojvoda, setelah sebelumnya Ceko unggul terlebih dahulu melalui gol Patrik Schick, demikian dilansir laman resmi UEFA.

Baca juga: Di Grup A, Kosovo jungkalkan Bulgaria, Ceko bungkam Montenegro

Hasil itu membuat Kosovo bercokol di puncak klasemen Grup A dengan koleksi delapan poin buah dari dua kemenangan dua kali imbang dalam empat pertandingan.

Bukan saja menapaki puncak klasemen, hasi itu sekaligus memperpanjang catatan tidak terkalahkan Kosovo menjadi 15 laga tanpa kekalahan. Terakhir kali Kosovo menelan kekalahan adalah pada Oktober 2017 saat takluk 0-2 dari Islandia.

Bagi Ceko, hasil ini menempatkan mereka di peringkat ketiga klasemen dengan koleksi enam poin. Ceko telah memainkan empat pertandingan dengan dua kemenangan dan dua kekalahan.

Sampai tulisan ini dibuat, masih berlangsung pertandingan lain di Grup A antara Inggris melawan Bulgaria.

Berstatus tim tamu, Ceko justru mampu membuka keunggulan saat laga baru berlangsung 16 menit. Tembakan kaki kiri Schick meneruskan operan Jakub Jankto sukses menembus gawang tuan rumah.

Kosovo hanya memerlukan waktu empat menit untuk menyamakan kedudukan. Muriqi membuat kedudukan kembali imbang melalui tembakan kaki kanannya dari tengah kotak penalti.

Gol penentu kemenangan baru tercipta pada babak kedua, tepatnya menit ke-66. Dari situasi tendangan sudut, Vojvoda melepaskan tembakan kaki kiri meneruskan bola sodoran Valon Berisha yang berbuah gol. Keunggulan 2-1 bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Baca juga: Ringkasan laga kualifikasi Euro, Jerman tumbang, Austria pesta gol

Baca juga: Belgia masih sempurna usai berpesta empat gol di San Marino

Baca juga: Kroasia dan Wales menang di Grup E


Susunan pemain:

Kosovo (4-2-3-1): Muric, Hadergjonaj, Aliti, Voca, Halimi (Rashkaj 87'), Celina, Rashani (Berisha 51') , Rrahmani, Vojvoda, Muriqi, Zhegrova (Muslija 56')

Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik, Kaderabek, Celustka, Darida, Masopust (Dolezal 80') , Jankto, Soucek, Suchy, Boril, Schick (Krmencik 61'), Kral (Husbauer 72')

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2019