Jadi dari delapan segmen, tinggal tiga segmen yang akan diselesaikan, ini ditargetkan selesai pada pertengahan September 2019.
Manado (ANTARA) - Konstruksi fisik jalan utama dan jembatan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, Seksi IA mencapai 99 persen, kata Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Tol Manado-Bitung 01 Yanuar Chalik, Senin.

"Jadi konstruksi di segmen IA sepanjang tujuh kilometer hampir rampung secara keseluruhan," kata  Yanuar di Manado.

Konstruksi jembatan Tol Manado-Bitung yang melintasi Sungai Tondano misalkan, dari empat yang dibangun sudah tersambung dan tinggal menyisakan pengerjaan plat lantai di salah satu sisi.

"Jadi dari delapan segmen, tinggal tiga segmen yang akan diselesaikan, ini ditargetkan selesai pada pertengahan September 2019," sebutnya.

Bahkan ditargetkan sampai akhir September antara segmen IA dan IB sepanjang 14 kilometer sudah tersambung.

Baca juga: Menengok kemajuan pembangunan Tol Cisumdawu

"Jembatan yang melintasi Sungai Tondano ini panjangnya total 420 meter, konstruksinya menggunakan balok T sepanjang 60 meter," sebutnya.

Selanjutnya, pembangunan jalan utama telah mencapai 100 persen, dan tinggal dilengkapi marka dan rambu-rambu jalan. "Jadi satu persen yang akan dikerjakan di segmen IA ini tinggal menyelesaikan pekerjaan jembatan Sungai Tondano," katanya.

Begitupun dengan pembebasan lahan, menyisakan satu bidang yang berada di sisi badan jalan, dan statusnya sudah dikonsinyasi di pengadilan.

Pemerintah membangun Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer yang dibagi dalam dua segmen.

Segmen I Tol Manado-Bitung (IA dikerjakan menggunakan dana pinjaman pemerintah China dan IB menggunakan APBN sepanjang 14 kilometer), sementara segmen II (IIA dan IIB dikerjakan PT Jasa Marga, PT Wijaya Karya, dan PT Pembangunan Perumahan sepanjang 25 kilometer).
Baca juga: Lahan terkendala, pembangunan tol trans Sumatera di Padang dilanjutkan
 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019