Gerbang Tol Manado-Bitung bakal dibangun pada pertengahan September

id tol manado bitung,gerbang tol,jasa marga

Pengerjaan tol Manado-Bitung di seksi IA (1)

Manado (ANTARA) - Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Tol Manado-Bitung 01 Yanuar Chalik mengatakan pembangunan gerbang tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), mulai dilaksanakan pada pertengahan September tahun ini.

"Memang yang akan mengerjakan gerbang tol ini adalah PT Jasa Marga sebagai operator, sementara kontraktor pelaksananya adalah PT Pembangunan Perumahan," sebut Yanuar di Manado, Senin.

Pengerjaan gerbang yang ada di titik nol tol sepanjang 39,9 kilometer ini diperkirakan memakan waktu sekitar tiga sampai empat bulan.

"Jadi gerbang utamanya berada di Kota Manado dan Kota Bitung, keluar atau masuknya ada di Sukur, Airmadidi, Kauditan dan Danowudu," sebutnya.

Saat ini, pembangunan gerbang tol sementara dalam tahapan pengukuran dan akan dilanjutkan dengan pemasangan tiang pancang.

"Mudah-mudahan pembangunannya bisa diselesaikan hingga akhir tahun ini," ujarnya.

Yanuar optimistis, pembangunan jalan tol dari Kota Manado (titik awal) melintasi Kabupaten Minahasa Utara dan berakhir di Kota Bitung dapat meningkatkan mobilitas orang, barang dan jasa.

Bahkan pembangunan tol sepanjang 39,9 kilometer ini diharapkan menggerakkan pertumbuhan ekonomi di wilayah-wilayah yang dilewati.

Tol yang masuk dalam proyek strategis nasional ini akan mendukung penuh pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Pelabuhan Internasional Bitung serta KEK Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar