Nelayan Kepulauan Seribu ikuti sosialisasi keamanan melaut

id Kepulauan Seribu,Bantuan nelayan,Fauzi Lamboka

Suasana pemberian bantuan jaket keselamatan kepada para nelayan di Balai Warga Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Selasa (10/9/2019).(ANTARA/HO/Humas Pemkab Kepulauan Seribu)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 52 nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) se-Kabupaten Kepulauan Seribu mengikuti sosialisasi keamanan dan keselamatan melaut di Balai Warga Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Selasa.

Sosialisasi itu merupakan program Nusantara Regas Mengajar yang diinisiasi Lembaga Keswadayaan Masyarakat Panggang Wisata Bahari bekerja sama dengan PT Nusantara Regas.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu dukung program Masyarakat Peduli Penyiaran

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Kepulauan Seribu, Arief Wibowo mengatakan Nusantara Regas setiap tahun mengalokasikan dana tanggung jawab sosial untuk masyarakat.

"Kesempatan kali ini diberikan untuk pemberdayaan masyarakat terkait masalah keselamatan kerja dan bantuan life jaket kepada para nelayan," ujar Arief.

Baca juga: Kepulauan Seribu akan jadi wajah depan DKI Jakarta

Arief berharap nelayan yang mengikuti sosialisasi itu dapat menularkan ilmunya kepada para nelayan lain tentang cara menangani kecelakaan di laut dan keselamatan nelayan.

"Mereka diajarkan cara memberikan bantuan hidup dasar, seperti memompa jantung yang benar hingga pemberian nafas buatan apabila kecelakaan di laut," Arief menjelaskan.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu cegah tumpahan minyak kotori pantai

Sementara itu, Sekertaris Perusahaan PT Nusantara Regas, Fatma Ullyarta mengatakan Nusantara Regas Mengajar adalah salah satu bagian dari program tanggung jawab sosial dalam hal peningkatan kapasitas masyarakat atau pemberdayaan masyarakat.

Pewarta : Fauzi
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar