Manggar, Babel, (ANTARA) - Dua desa di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan tersambung jaringan internet gratis, sebagai realisasi program warung kopi (warkop) internet desa (Ides) di "Negeri Laskar Pelangi" itu.

"Sebelumnya sudah ada beberapa desa tersambung internet gratis, sekarang akan kami tambah dua desa lagi di Kecamatan Manggar dan Kelapa Kampit," kata General Manager SBU PT ICON+ Palembang, Ratriani Kartika Mahanani usai menghadiri peresmian Warkop Ides di BUMDes Desa Lenggang Membangun, Selasa.

Baca juga: Satelit Nusantara Satu mengorbit di atas Papua, hubungkan ribuan desa

Bahkan Ratriani berjanji akan memberikan 50 sampai 100 internet gratis bagi desa dan sekolah pada 2020 di Belitung Timur.

"Penambahan Ides tersebut menanggapi permintaan Menteri BUMN Rini Soemarno yang meminta agar akhir pada 2019 ini ada 15.000 Ides di seluruh Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan, pada 2020 akan menambah 50 atau 100 buah warkop Idesnya di Kabupaten Beltung Timur atau sama dengan di Belitung.

"Desa yang mendapat fasilitas Ides akan mendapatkan kuota internet gratis sebanyak dua hingga tiga mbps. Namun besaran akan ditambah jika ada kegiatan sosial yang dilaksanakan di desa atau sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan, jika di desa itu ada acara kegiatan maka bisa konfirmasi dua hari sebelumnya agar masih ada waktu untuk membuka jaringan internet.

"Kita tambah bandwith-nya menjadi 10 mbps, tanpa biaya untuk beberapa hari,” ujarnya.

Baca juga: Diskominfo Pamekasan dukung program desa tematik dengan internet desa
Baca juga: Seluruh desa di Jawa Barat jadi desa digital 5 tahun lagi
Baca juga: Desa terpelosok di Maluku Utara bakal dipasang internet


 

Akses internet yang menjadikan Desa Campurejo bergerak maju

 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019