BRI benahi ekosistem Danau Ranu Pane Gunung Semeru

id Ranu Pane,Gunung Semeru,BUMN Untuk Negeri

Menteri BUMN Rini Soemarno (kiri) bersama Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, menyerahkan secara simbolis Bantuan Revitalisasi Kawasan Wisata Ranu Pane kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (11/9/2019). (ANTARA/Vicki Febrianto)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk menyalurkan bantuan bidang lingkungan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BRI Peduli untuk membenahi ekosistem Danau Ranu Pane, yang terletak di kaki Gunung Semeru, di Jawa Timur.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan bantuan bidang lingkungan untuk pembenahan ekosistem Danau Ranu Pane tersebut dalam upaya untuk memperbaiki kondisi danau yang semakin menyempit akibat adanya pendangkalan.

"Penyaluran CSR BRI Peduli ini merupakan komitmen kami untuk menjaga ekosistem yang ada di lingkungan Gunung Semeru," kata Supari, di Desa Ranu Pane, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu.

Supari menjelaskan, bantuan yang diberikan kepada masyarakat Desa Ranu Pane tersebut berupa pengerukan dan pelebaran bibir Danau Ranu Pane, penanaman lima ribu bibit pohon cemara gunung, dan merevitalisasi shelter pendakian.

Supari mengharapkan, dengan adanya bantuan CSR BRI Peduli tersebut mampu memperbaiki kondisi alam Gunung Semeru dan Danau Ranu Pane. Nantinya, dengan kondisi yang jauh lebih baik, diharapkan bisa mendorong kunjungan wisatawan guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Diharapkan bisa mendorong peningkatan aktivitas kunjungan wisatawan, dan dapat meningkatkan produktivitas perekonomian masyarakat sekitar," ujar Supari.

Danau Ranu Pane merupakan pintu masuk pendakian ke Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Danau tersebut berada di Desa Ranu Pane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Berdasarkan pantauan ANTARA, danau tersebut memiliki pemandangan yang indah, namun, luasan danau saat ini semakin menyempit. Hal tersebut dikarenakan adanya penyempitan akibat erosi, endapan lumpur, sampah, dan tumbuhan yang menutupi permukaan danau.

Danau Ranu Pane merupakan salah satu tempat favorit para pendaki untuk beristirahat sebelum melakukan pendakian ke Gunung Semeru, yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Baca juga: Pemkab Lumajang optimalkan wisata Ranu Pani di lereng Gunung Semeru

Baca juga: Grebeg Suro di Gunung Semeru tingkatkan pariwisata Lumajang

 


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar