Menteri BUMN dorong nasabah Mekaar naik kelas

id Mekaar,Menteri BUMN,PNM

Menteri BUMN RIni Soemarno (kiri) disambut anak-anak saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Ranu Pane, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (11/9/2019). ANTARA/Vicki Febrianto

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mendorong para nasabah Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang mayoritas adalah ibu rumah tangga untuk meningkatkan skala usaha atau naik kelas.

"Saya menekankan, bahwa pada program Mekaar, ibu-ibu harus bisa naik kelas. Artinya, usaha makin baik, dan membaik ke depannya," kata Rini, di Desa Ranu Pane, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu.

Menurut Rini, dengan skala usaha yang semakin meningkat tersebut, diharapkan para nasabah tidak lupa diri dan tetap mengedepankan azas kekeluargaan yang ada. Dengan demikian, para nasabah bisa saling mengingatkan untuk terus mengembangkan skala usaha mereka.

Rini menjelaskan, jangan sampai pada saat skala usaha para nasabah meningkat menyebabkan adanya perubahan gaya hidup yang lebih konsumtif. Para nasabah, diharapkan bisa terus fokus dalam pengembangan bisnis yang dijalani.

"Uangnya harus bisa ditabung, supaya usahanya semakin besar. Bisa menyekolahkan anak-anaknya supaya bisa jadi direktur atau menteri," ujar Rini.

Menurut Rini, pihaknya selalu berupaya untuk membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya melalui berbagai program yang ada. Program Mekaar merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil.

Namun, menurut Rini, program pemerintah tersebut tidak akan bisa berjalan dengan baik apabila tidak didukung oleh pemerintah daerah, termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Kami memiliki berbagai program, yang tujuannya selalu ingin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Kami selalu merasa bisa bekerja sama dengan baik, bisa membantu masyarakat, jika pemerintah daerah dan DPRD memberi dukungan penuh," ujar Rini.

Para nasabah Mekaar merupakan binaan dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Pada 2019, PNM menargetkan nasabah Mekaar mampu mencapai enam juta orang, dengan saat ini, diperkirakan ada empat juta orang lebih yang telah menjadi nasabah Mekaar.

Baca juga: Menteri Rini dorong Danau Ranu Pane jadi destinasi wisata unggulan
Baca juga: Menteri BUMN : Nasabah Mekaar jadi kekuatan baru ekonomi Indonesia
Baca juga: Target nasabah Mekaar naik, PNM butuh tambahan dana Rp11 triliun


Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar