Habibie pernah merasa tidak kredibel karena ditolak MPR

id Habibie wafat,bj habibie,prestasi habibie,wabup gorontalo utara,habibie mpr

Presiden ke-3 RI BJ Habibie (ANTARA)

Gorontalo (ANTARA) - Presiden ke-3 RI BJ Habibie pernah menyatakan dirinya tidak kredibel ketika tidak dipercaya oleh MPR, kata Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara, Thariq Modanggu.

"Saya pemimpin yang predictable, sebab saya memiliki visi dan pemikiran yang terukur tetapi saya tidak credible. Saya tidak dipercaya karena saya orang Soeharto, maka saya tidak diberi kepercayaan oleh MPR," ucap Thariq  di Gorontalo, Kamis, menirukan kata-kata Habibie saat bertemu sekitar tahun 2006 silam.

Pada Sidang Umum MPR 1999, Habibie memutuskan tidak lagi mencalonkan diri sebagai Presiden setelah laporan pertanggungjawabannya ditolak oleh MPR.

Thariq mengaku, sangat mengingat jelas wejangan Presiden beretnis Gorontalo-Jawa itu kepadanya saat berada di kediaman Presiden RI ke-3 itu.  

Baca juga: Habibie Wafat- Warga Timor Leste ziarah ke makam Habibie

"Kemajuan yang luar biasa hanya bisa diraih apabila pemimpin itu predictable dan credible, dua kata kunci menjadi pemimpin hebat ini begitu meresap di syaraf nalar saya hingga saat ini," ungkap Thariq.

Setiap pemimpin, menurut Habibie, mestinya mempunyai visi yang terukur (predictable) dan pribadi yang bisa dipercaya karena integritas dan konsistensinya (credible).

Meskipun Habibie merasa tidak kredibel, Thariq mengatakan, tetap merasa Habibie sungguh merupakan seorang yang kapabel atau disebut juga predictable dan bisa diandalkan atau credible

Baca juga: BJ Habibie Wafat - Warga antre ziarah makam Habibie

Profesor Habibie, dalam ingatan Thariq, tuturnya, adalah pribadi yang memberi contoh melalui dirinya sendiri.

Thariq juga mengaku memiliki gagasan yang predictable. Namun tidak tahu persis apakah credible. Sebab faktanya ia sudah 2 kali gagal menjadi Bupati Gorontalo Utara (2008 dan 2013).

Ia mengatakan, Habibie juga punya andil besar pada pembentukan Kabupaten  Gorontalo Utara.

"Atas nama Pemerintah Daerah dan rakyat Gorontalo Utara, kami berdoa agar beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya," ungkap Thariq.* 

Baca juga: Prestasi Habibie - Pejuang Timtim Guterres akui Habibie orang hebat

 

Pewarta : Susanti Sako
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar