Presiden dijadwalkan kunjungi Cagar Budaya Desa Bawomataluo

id Sail nias, presiden joko widodo,kunjungan presiden,cagar budaya di sumut

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha (ANTARA/Juraidi)

Nias Selatan (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Cagar Budaya Nasional Desa Bawamataluo di Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, pada Jumat, 13 September 2019.

"Itu salah satu rencana agenda presiden selama di Nias Utara dalam rangkaian menghadiri puncak Sail Nias 2019," kata Bupati Nias Selatan Hilarius Duha di Teluk Dalam, Nias Selatan, Kamis.
 
Kedatangan Presiden Joko Widodo ke Nias Selatan dalam rangkaian kunjungan selama dua hari untuk menghadiri puncak Sail Nias 2019 yang dipusatkan di Dermaga Pelabuhan Baru, Teluk Dalam.

Presiden dan rombongan tiba di Nias Selatan melalui Bandara Binaka Gunungsitoli Jumat siang (13/9) dan akan melanjutkan perjalanan menuju Cagar Budaya Nasional Desa Bawamataluo.

Baca juga: Atraksi terjun payung turut meriahkan puncak Sail Nias 2019

Di desa tersebut presiden disambut oleh penetua adat dan selanjutnya mengikuti serangkaian kegiatan adat seperti penghormatan adat dan pagelaran seni budaya seperti tari perang, faluaya si'oligo serta fahombo batu.

Presiden dan rombongan juga selanjutnya meninjau Omo Sebua/Omo Nifolasara dan mendengarkan penjelasan singkat mengenai sejarah dan kondisi Omo Nifolasara serta penyampaian aksi konservasi Omo Nifolasara dan Desa Bawomataluo menuju warisan dunia.

Dalam kesempatan itu presiden dan rombongan juga melakukan peninjauan terhadap perkampungan Bawamataluo dan pameran souvenir.

Usai mengikuti sejumlah rangkaian acara di desa cagar budaya Desa Bawamataluo, Presiden dan rombongan selanjutnya kembali ke Teluk Dalam menuju rumah dinas Bupati Nias Selatan untuk istirahat dan selanjunya keesokan harinya (Sabtu/14/9) menghadiri acara puncak Sail Nias 2019.

Baca juga: Nias Selatan diharapkan jadi destinasi wisata bahari kelas dunia
Baca juga: Warga Nias percantik desa dukung Sail Nias 2019

Pewarta : Juraidi
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar