Polisi bersihkan rambu-rambu lalulintas minimalisir pelanggaran

id Polisi Surakarta bersihkan ,rambu-rambu lalulintas minimalisir pelanggaran 

Sejumlah anggota Satuan Lalulintas Polresta Surakarta sata membersihkan rambu lalulintas dalam rangka HUT ke-54 Sat Lantas di Jalan A. Yani Solo, Jumat, (13/9/2019). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto/am.

Solo (ANTARA) - Puluhan anggota Polres Kota Surakarta melakukan kegiatan bersih-bersih rambu-rambu lalu lintas di sepanjang Jalan A. Yani Solo, Jumat, guna membantu para pengguna jalan untuk meminimalisir adanya pelanggaran.

Puluhan anggota Satuan Lalulintas Polresta Surakarta dengan membawa kain lap dengan cairan pembersih satu per satu membersihkan rambu,  sehingga kelihatan bersih dan warna menjadi jelas untuk para pengguna jalan yang melintas di Jalan A. Yani Solo.

Kegiatan bakti sosial tersebut hampir tidak pernah dilakukan oleh seorang anggota polisi. Mereka setiap hari berada di jalan untuk mengatur lalu lintas, menjaga pospam dan lain sebagainya. Namun, kegiatan anggota polisi yang unik ini, sempat menjadi perhatian sejumlah pengendara yang sedang melintas.

Baca juga: Peran polisi wanita sudah setara laki-laki

Baca juga: Polisi Surakarta amankan ratusan botol minuman keras


Bahkan, anggota polisi lalu lintas Kota Solo tersebut juga membersihkan setiap pos polisi yang dilewati di sepanjang jalan sehingga sehingga kelihatan bersih dan indah.

Kegiatan bersih-bersih rambu lalu lintas tersebut dipimpin langsung Kepala Satuan Lalulintas Polresta Surakarta Kompol Busroni, dimana rambu yang usang atau kotor karena terkena debu dan panas matahari menjadi bersih dan jelas.

Menurut Wakil Kepala Satuan Lalulintas Polresta Surakarta AKP I Made Ray Ardana kegiatan bersih-bersih rambu lalulintas dan Pos Polisi di setiap sudut tersebut dilakukan dalam rangka memperingati HUT ke-54 Satuan Lalulintas yang jatuh para tanggal 22 September.

"Kami melihat rambu-rambu lalu lintas sudah mulai kotor dan kurang jelas untuk para pengendara kendaraan. Hal ini, untuk menekan adanya pelanggaran lalu lintas di jalan," kata I Made Ray.

Menurut dia, kegiatan bersih-bersih rambu lalu lintas dan pos polisi sudah dilakukan di sepanjang jalan Solo ini, sejak Kamis (12/9) hingga Jumat ini. Rambu yang kotor dan tidak jelas bagi pengendara langsung disemprot air dan dilap.

Selain itu, kata IMade Ray, kegiatan bersih-bersih rambu lalu lintas dan Pos Polisi juga dilakukan di sepanjang jalan Slamet Riyadi, dan Jalan Adi Sucipto Solo atau sejauh sekitar 10 kilometer.

"Kegiatan bersih-bersih ini, dalam rangka HUT Ke-54 Satuan Lalu lintas. Kegiatan bersih-bersih ini, melibatkan sebanyak 62 personel Satuan Lalu lintas," katanya.

Kegiatan tersebut bertujuan agar rambu-rambu lalu lintas yang sekian lama terkena debu bisa bersih dan kelihatan jelas untuk para pengguna jalan, sehingga dapat menekan pelanggaran lalu lintas, yang dampaknya angka kecelakaan juga akan menurun.

"Rambu lalu lintas bisa lebih kelihatan jelas, dan dapat menghindari kejadian kecelakaan," katanya.

Polresta Surakarta dalam rangkaian kegiatan HUT Sat Lalulintas selain melakukan bersih-bersih rambu Pos polisi, juga ada bantuan air bersih di daerah kekeringan, olahraga bersama TNI/Polri dan instansi terkait, kemudian donor darah serta anjangsana ke anggota purnawirawan.

"Kami menyalurkan bantuan air bersih di daerah Kabupaten Sragen yang masyarakatnya kekurangan air bersih," katanya. 

Baca juga: Polisi Surakarta geledah indekos tempat meracik tembakau gorila

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar