Wiranto sebut Jokowi "change leader"

id Menko polhukam, wiranto,jokowi change leader

ARSIP: Menko Polhukam, Wiranto memberikan keterangan pers terkait kondisi terkini dari Papua di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (4/9/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyebut Presiden Joko Widodo sebagai sosok "change leader", yakni pemimpin perubahan, dari pengalamannya mengawal pemerintahan empat presiden.

"Pak Jokowi itu kategori 'change leader' menurut saya. Menurut banyak orang juga seperti itu. Karena saya mengawal empat presiden," katanya, di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Presiden Jokowi harap masyarakat berpikir jernih terkait RUU KPK

Baca juga: Jokowi: Indonesia tidak lupa dengan jasa Habibie sewaktu jadi Presiden

Baca juga: Jokowi silaturahim dengan tokoh muda Papua inspiratif


Hal itu disampaikannya di sela pembekalan peserta PPRA LIX dan PPSA XXII Tahun 2019 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Zaman Presiden Soeharto, Wiranto dipercaya menjadi Menteri Pertahanan/Panglima ABRI, kemudian ketika Presiden Habibie juga masih memercayainya dengan jabatan sama.

Pada tahun 2000 saat Presiden Abdurrahman Wahid, Wiranto menjadi Menko Polhukam, dan oleh Presiden Jokowi kembali diserahi tugas sebagai Menko Polhukam.

"Tidak ada pejabat yang 16 tahun enggak naik pangkat, naik jabatan. Yang naik problemnya, permasalahannya," kelakarnya, disambut tawa hadirin.

Menurut Wiranto, Jokowi memenuhi persyaratan sebagai "change leader", antara lain berani mengambil keputusan secara cepat, mampu menyerap aspirasi, dan terobosan baru.

"Tidak terlelap dari 'comfort zone', tetapi berani mengambil resiko, sebagai penerobos. Walaupun resikonya sangat berat untuk popularitas, tetapi beliau lakukan itu," katanya.

Berbagai kebijakan yang dilakukan Jokowi, kata Wiranto, antara lain upaya memangkas regulasi, memangkas prosedur birokrasi, terutama untuk mempermudah investasi.

Pewarta : Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar